My ID is Gangnam Beauty (2018) - Drama Review

My ID is Gangnam Beauty


Apakah dengan menjadi cantik, aku bisa bahagia?


Judul : My ID is Gangnam Beauty
Rilis : 27 Juli 2018
Pemeran : Lim Soo Hyang, Cha Eun Woo, Jo Woo Ri, Kwak Dong Yeon, Park Joo Mi
Episode : 16
Director : Choi Sung Bum
Writer : Gi Maeng Gi (webtoon), Choi Soo Young
Genre : Romance-Comedy, Coming of Age

Halo, welcome back to Greenshe Reviews!
Pernah nggak kalian merasa bahwa kalian kurang cantik atau ganteng? Ingin melakukan berbagai perawatan dan mencoba segala macam produk agar terlihat lebih cakep, putih, mulus, dan kinclong tanpa jerawat? Ingin mencoba pakaian yang keren tapi pas dipakai ternyata malah terlihat aneh? Aku pernah merasakan hal seperti itu. Dan beberapa orang di sekitar Greenshe juga merasakan hal itu. Tapi suatu saat Greenshe dibuat paham, bahwa fisik yang menarik belum menjadi jaminan bahwa psikis kalian juga menarik. Nah, bagiku drama yang ingin aku review ini sangat relatable, nih.

Drama ini diadaptasi dari webtoon dengan judul yang sama. Buat kalian yang belum baca bisa cek di LINE Webtoon, ya. Cari aja dengan judul Gangnam Beauty.

Sinopsis

Jadi, drama ini menceritakan Kang Mi Rae (Lim Soo Hyang), perempuan yang polos, selalu merasa tidak pede dan menganggap bahwa dirinya jelek karena sering dikatain sama teman-teman sekolahnya, cowok yang disukanya pun menolaknya mentah-mentah karena alasan wajahnya jelek. Hari-harinya selalu dilengkapi dengan ledekan mengenai wajahnya. Sehingga ketika memasuki kuliah, Mi Rae memutuskan untuk melakukan operasi plastik. Namun, bahkan setelah ia menjadi cantik pun, Mi Rae masih digunjing dan diberi julukan Gangnam Beauty, yaitu sebutan untuk orang yang melakukan operasi plastik total sampai benar-benar nggak dikenali, dan karena kebanyakan operasi plastik itu di daerah Gangnam.

Nah, di jurusannya, Mi Rae ketemu Do Kyung Suk, cowok dingin yang ternyata satu alumni SMP apa SMA gitu deh. Awalnya Mi Rae ketakutan kalau Kyung Suk akan nyebarin aibnya sewaktu wajahnya masih jelek, tapi ternyata... peduli pun nggak. Kyung Suk bukanlah tipe yang menilai seseorang dari wajahnya.

Review

Berdasarkan genre dan sinopsis, kalian pasti sudah bisa menebak lah ya, kalau kedua pemeran utama itu akan jadian. Tapi point yang menarik dari drama ini bukan sekedar romance-nya, tetapi banyak hal lain membuat drama ini sangaaaaaaaat bagus.

Plot

Drama ini memiliki plot yang ringan, tetapi moral value yang disisipkan tidak se-ringan kelihatannya. Karena drama ini adalah adaptasi dari webtoon berjudul sama, jadi tentu banyak orang yang membandingkan plot versi drama dan versi webtoon. Secara keseluruhan, cerita dalam webtoon maupun drama memiliki bobot yang sama, hanya saja memang ada beberapa hal dari webtoon yang perlu disesuaikan dalam drama. Adapun salah satu hal yang membedakan antara drama dan webtoon adalah penggambaran karakter.

Webtoon yang memiliki chapter yang singkat, tentu akan memfokuskan cerita pada karakter utama saja, dan versi webtoon memang fokus terhadap apa yang terjadi pada Mi Rae. Sedangkan di dalam drama, beberapa karakter memiliki porsi peran dan cerita lebih banyak dibandingkan di webtoon, seperti peran orang tua Mi Rae, ayah Kyung Suk, dan adiknya Kyung Suk. Namun ada juga karakter di webtoon yang tadinya hanya satu, eh di drama jadi dibagi dua peran, yaitu sahabat dekat Mi Rae dan teman sekelas Mi Rae yang ikut organisasi. Kalau yang aku tangkap dari webtoonnya, seharusnya sahabat dekat Mi Rae dan teman dekat sekelas Mi Rae yang ikut organisasi itu satu orang.

Sebagai pembaca webtoon terlebih dahulu sebelum dramanya mulai, aku benar-benar mengharapkan adegan-adegan yang woah di dalam webtoon dapat tergambarkan dengan baik di dalam drama. DAN YAP ADEGAN DRAMA KETIKA KYUNG-SUK MENENDANG KAKAK SENIOR YANG KURANG AJAR KE MI-RAE ITU DA BESSSS. UWUUUU AKU CINTA KYUNGSUK.

Terlebih karena tema yang diambil itu berdasarkan realita yang berada di dekat kita, Gangnam Beauty benar-benar bisa membuatku relate banget sama konflik-konfliknya. Jadi banyak nilai moral yang bikin terenyuh gitu.

Karakter

Untuk lebih memudahkanku mereview, aku akan mereview karakter-karakter yang menurutku menarik, satu per satu.. tu... tu.

Kang Mi Rae
Heroine kita disini benar-benar bisa memperoleh simpati dari penonton. Rasanya tuh serba salah jadi Kang Mi Rae. Terlahir dengan wajah yang tidak sesuai dengan standar cantik lingkungannya pun salah. Ketika sudah berusaha untuk cantik, juga salah. Selain itu karakter Mi Rae yang terlalu polos tuh bikin gemes. Bikin aku greget, "Kamu tuh udah cantik! Kenapa masih gak pede wey?!". Tapi yah, namanya juga protagonis, harus ngalah ngalah gimana gitu kalau didzalimin. Karakter Mi-Rae ini mengingatkan kita untuk jangan sombong. 

Selain itu, aku cukup puas ketika pihak produksi mengumumkan bahwa Lim Soo Hyang yang memerankan Kang Mi Rae, karena Lim Soo Hyang benar-benar mampu menggambarkan Kang Mi Rae. Kalian yang sudah nonton drama dan baca webtoonnya pasti paham, kan?

Do Kyung Suk
Kyung Suk digambarkan sebagai sosok cowok yang cool dan tidak menilai orang dari penampilan. Dari Kyung-Suk kalian bisa menangkap bahwa tidak semua orang judge a book by its cover , sikap menilai lewat penampilan saja juga dipengaruhi oleh didikan serta lingkungan tempatnya tinggal dan pengalaman-pengalaman yang di alami individu tersebut. Kyung-Suk merupakan anak dari pasangan bercerai. Ayahnya yang seorang politisi menikahi ibunya yang populer karena kecantikan dan kepintarannya semasa kuliah. Tetapi karena ibunya memiliki mimpi yang ingin dikejarnya, maka mereka bercerai. Kyung-suk dan adiknya tinggal bersama ayahnya, dan ayahnya membuat imej ibunya di mata Kyungsuk dan adiknya itu sebagai seorang ibu yang meninggalkan keluarganya demi pergi dengan laki-laki lain. Sejak saat itu lah, Kyung-Suk tidak suka menilai orang dari penampilannya saja. Karena percuma cantik, kalau hatinya busuk.

Awalnya, ketika tim produksi mengumumkan bahwa Cha Eun Woo akan memerankan Do Kyung Suk--cowok tampan, cool, tapi nyatanya agak agak dodol gitu-- para fans webtoon (termasuk aku) agak meragukan kemampuan acting Cha Eun Woo ketika menggambarkan karakter Kyung-Suk. Imej idolnya, dan pengalamannya dalam beracting agak meragukan pada awalnya. Tapi setelah menonton episode 1, lumayan lah actingnya, lebih baik dari ekspektasiku, haha. Terlebih memang Eun Woo lagi tenar-tenarnya karena ketampanannya, jadi pas lah buat drama ini.

Hyun Soo-A
Soo-A adalah karakter antagonis yang memang menyebalkan, tetapi sekaligus menyedihkan. Karakter Soo-A ini meyakinkan kita bahwa berpura-pura itu tidak membuat kalian bahagia. Kalian sebenarnya tidak suka pakai high heels, tapi untuk kelihatan eksis di hadapan orang lain ketika prom night , kalian rela-rela sakit kakinya. Biar dikata kurus, kalian rela tidak makan bahkan dengan sengaja memuntahkan makanan di toilet ketika sedang makan-makan dengan teman. Menjadi diri kalian sendiri itu lebih menyenangkan. Kalian bisa memperoleh teman yang menerima kalian sebagai diri kalian.

Pemilihan Jo Woo Ri sebagai Soo-A awalnya juga menuai kritik gitu, karena Hyun Soo-A itu di webtoon digambarkan sebagai cewek tercantik dan terpolos sejagat kampus, tapi netijen banyak yang menganggap bahwa Jo Woo Ri tidak lebih cantik dari pemeran utamanya. Padahal, Woo-Ri itu udah mirip sama gambar Soo-A di webtoon. Actingnya juga kerennn. 

Na Hye Sung (Ibu Kyung-Suk)
Aku sangat suka karakter ibu Kyung-Suk, karena karakter Na Hye Sung ini benar-benar keren. Melalui karakter ini, ada value bahwa wajah boleh cantik, tapi percantik juga hati dan otakmu. Orang cantik belum tentu hidupnya bahagia, kok :)

Sebenarnya banyak karakter lain yang aku sukai juga, tapi ya yang benar-benar menonjol menurutku adalah ke-empat orang ini. Bakalan rempong kalau aku tulis semua karakternya, haha. Intinya, perihal karakter tidak ada masalah, semua menjalankan perannya dengan sangat baik, uwuuu.

Setting & OST

Setting latarnya standar, hanya di kampus dan beberapa tempat, tetapi tetap saja terlihat menggugah selera untuk berkunjung bahkan ke universitasnya, rasanya kok ya lebih keren daripada kampusku, hahaha. Setting musik dan OST nya bagus-bagus kok, as always. Tapi OST yang dinyanyikan oleh Cha Eun Woo cukup menarik perhatianku. Terlebih saat itu, pemeran utama laki-laki di drama Come and Hug Me dan Are You Human Too? juga mengeluarkan OST untuk dramanya. Saat itu ketiga drama itu nggak begitu jauh rilisnya.

Walau membandingkan adalah hal yang gak begitu baik, tapi aku hanya bisa berkomentar bahwa aku hampir lupa kalau Eun Woo itu idol. Karena pas OST nya keluar, aku berpikir bahwa nyanyinya Eun Woo memang berbeda dari kebanyakan aktor, dan aku ingat kalau dia adalah idol turned actor, haha.

Sedangkan aktor drama Come and Hug Me juga sudah menampilkan bakatnya sebagai rapper di sebuah acara, jadi suaranya ya khas rapper gitu pas nyanyi, berat-berat gimana gitu. Sedangkan aktor Are You Human Too adalah seorang aktor yang tergabung dalam grup idol yang terdiri dari aktor-aktor, nah disini aku nggak bisa bilang dia idol turned actor, tetapi lebih ke actor turned idol, karena profesi mereka utamanya adalah aktor, bukan idol.

Things You Can Learn From This Drama

Oke, sesi ini adalah sesi yang aku buat untuk review drama ini. Mungkin sesi ini akan muncul di review-review selanjutnya.

Ada beberapa hal yang bisa kamu petik dari menonton drama ini.
  1. Jangan menilai seseorang dari penampilan saja.
  2. Cantik bukanlah segalanya, kalian pasti punya keunikan, kok.
  3. Percantik juga hati dan otakmu.
  4. Membandingkan hanya akan membuatmu tidak puas.
  5. Walau banyak orang memusuhimu, selalu ada orang yang menyayangimu.
  6. Hati-hati dalam memilih teman.
  7. Bersyukur lah dengan apa yang kamu miliki.

Overall Review

☆☆☆☆☆
5/5 bintang karena konsep cerita yang begitu dekat dengan kehidupan dunia nyata, dan karena moral value yang begitu menghangatkan hati.


Greenshe Review