The Tunnel (2017)- Drama Review

Suka cerita dengan genre time-travel?
I'll bring you to this Tunnel. Let's go!

Tunnel
Judul: Tunnel / 터널
Episode: 16 episode
Pemeran: Choi Jin Hyuk, Yoon Hyun Min, Lee Yoo Young, dll.
Direktor: Shin Yong Whee, Nam Ki Hoon.
Penulis: Lee Eun Mi.
Genre: Crime, Fantasy, Time Travel

Sinopsis

Di tahun 1986, Detektif Park Gwang Ho (Choi Jin Hyuk) sedang berusaha keras menangkap seorang pembunuh berantai yang meresahkan warga. Dia mengejar si serial killer dan berlari melalui sebuah terowongan. Setelah keluar dari ujung lain terowongan tersebut, detektif Park Gwang Ho menemukan bahwa dirinya berada di tahun 2017. Setelah 30 tahun pun, pembunuh berantai tersebut mulai menjalankan aksinya kembali. Bersama dengan detektif Kim Sun Jae (Yoon Hyun Min) dan seorang profesor Psikologi Kriminal, Shin Jae Yi (Lee Yoo Young), detektif Park Kwang Ho berusaha menangkap penjahat tersebut di tahun 2017.

Review

Aku selesai menonton film ini tahun 2020. Padahal ketika drama ini tayang di Korea Selatan, aku sudah mencoba menonton dua episode awalnya, tetapi entah mengapa, mungkin aku sedang bosan dengan drama Korea saat itu, jadi aku baru melanjutkannya lagi di awal tahun 2020.

Plot

Awalnya membosankan karena plotnya yang terkesan agak slow. Tapi selanjutnya oke. Kupikir drama ini akan sangat serius karena memiliki genre crime, jadi aku tidak berharap adanya bumbu-bumbu komedi di dalamnya. Tapi nyatanya, drama ini tidak seserius yang aku bayangkan. Ada beberapa adegan yang menurutku lucu dan menghibur sekali di tengah keseriusan dan ketegangan para pemeran utama dalam menjalankan aksinya.

Tapi, genre time travel sering kali agak tricky. Drama dengan genre ini sering bikin aku bertanya-tanya, kalau mengubah sesuatu yang ada di masa lalu, berarti kan mengubah masa depan, dong?. Dalam drama ini, Park Kwang Ho ke masa depan, dimana dia dinyatakan menghilang/ mati oleh kerabatnya. Kalau dia kembali ke masa lalu dan kembali hidup bersama keluarganya, seharusnya masa depan anaknya berubah, dong? Tapi, endingnya menurutku agak aneh, banyak yang lack, kentang gitu. Tapi, yah itulah keanehan drama fantasi, terlebih time travel. Ikuti saja maunya penulis.

Character

Chemistry antara Choi Jin Hyuk, Yoon Hyun Min, dan Lee Yoo Young sangat oke. Choi Jin Hyuk bisa memerankan sosok ayah untuk Lee Yoo Young, padahal situasinya Choi Jin Hyuk yang memerankan Park Kwang Ho itu masih muda, tetapi karena ia menjalankan time travel ke tahun 2017, putrinya sudah dewasa, sehingga bahkan terkesan lebih tua darinya. Tapi tuh Choi Jin Hyuk dan Lee Yoo Young bisa bertingkah seperti anak dan bapak, awkwardly cute.

Hubungan Park Kwang Ho dan hoobae-nya (junior) juga lucu. Kekhawatiran si junior, Jeon Sung Sik, terhadap seniornya mampu di visualisasikan dengan baik oleh aktor Jo Hee Bong. Aku sangat suka chemistry senior-junior ini, haha. Menghibur sekali.

Setting

Ketika Kwang Ho menjelajah waktu melalui terowongan, aku suka kemunculan cahaya putih yang menandakan perpindahan waktunya. Simpel, tapi keren. Aku suka sama editan yang nggak muluk muluk. Tone warna latar juga dibedakan antara masa lalu dan masa sekarang. Pada umumnya, masa lalu akan ditandakan dengan tone warm, sedangkan masa sekarang akan ditandakan dengan tone cold.

Musiknya tidak begitu menonjol, tetapi tetap bisa membuat penonton enjoy. Secara pribadi, soundtracknya belum ada yang menarik perhatianku, jadi aku menanggapinya biasa saja.

Overall Review

✩✩✩✩
I gave 4 stars for this drama.
Walau drama ini agak lambat di episode awal, tetapi untuk kamu bucin drama dengan genre time-travel, ini boleh dicoba. Apalagi kamu yang suka drama bergenre crime dan mistery, drama ini cocok banget.

Greenshe Review