[ Iyagi Day ] Episode 13. Serba-Serbi Acara Pembukaan 'Korea-ASEAN Online Supporter' Tahun 2022

[ Illustration by Lia ]

Kemarin di Indonesia, tanggal 21 April 2022 adalah Hari Kartini. Di hari itu pula, saya menghadiri “Launching Ceremony of 2022 KOREA-ASEAN Online Supporters” di Sentral Senayan. Acara tersebut sebenarnya diadakan secara online melalui platform Zoom, tetapi saya hadir secara offline.

Awalnya, saya berencana untuk membuat V-Log mengenai diriku yang mengikuti acara pembukaan tersebut secara online di rumah. Tetapi dua hari sebelum acara, saya mendapatkan undangan untuk hadir secara offline sebagai perwakilan para KOREA-ASEAN Online Supporters atau biasa disingkat menjadi KAOS, untuk melakukan kegiatan simbolis serah terima ‘Certificate of Appointment’ ketika acara (online) berlangsung. Pemilihan diri saya dan satu orang rekan saya didasarkan pada prestasi kami di tahun sebelumnya, dan dengan pertimbangan saya dan rekan saya tersebut berada di Jakarta dan dapat menghadiri acara tersebut.

‘Perwakilan’ seperti ini sudah ada di tahun-tahun sebelumnya. Tahun lalu, saya hanya menghadiri acara pembukaan secara online, melihat seorang rekan yang menjadi perwakilan secara offline tersebut membuat saya bersemangat untuk melakukan yang terbaik. Dan, Alhamdulillah, di tahun kedua saya, saya berada di posisi tersebut.

Tentang ‘Launching Ceremony of 2022 KOREA-ASEAN Online Supporters’

Acara berlangsung lancar dan hikmat. Di awal acara, para online supporters mendengarkan salam pembuka dari H.E. Ambassador Kwon Hee-Seok, lalu dilanjutkan dengan pemberian sertifikat pengangkatan secara simbolis oleh H.E. Ambassador kepada para online supporters melalui perwakilan supporters, yaitu saya dan rekan saya. [ Dokumentasi akan menyusul ]

Selanjutnya, kami para online supporters menonton video perkenalan para anggota #2022KoreaAseanOnlineSupporters , melihat wajah-wajah para online supporters, saya melihat adanya semangat berkreasi yang sangat besar! Saya harap saya bisa berkolaborasi dengan beberapa Online Supporters ^^.

Lalu, para online supporters diberi arahan mengenai pedoman kegiatan #2022KAOS , dari perkenalan mengenai apa itu ROK MISSION TO ASEAN, sampai peraturan-peraturan lain tentang kegiatan para supporters.


[ Illustration by Lia ]

Tentang V-Log

Tentu saja, rencana saya untuk membuat konten berupa V-Log perlu dipertimbangkan kembali. Ketika saya sampai di lokasi, suasana yang kondusif membuat saya segan untuk melakukan kegiatan individu seperti membuat V-Log, haha. Pada akhirnya, saya hanya sempat merekam beberapa detik ketika saya berada di lokasi. Dengan mengedit video tersebut, saya hanya mendapatkan 24 detik, haha.


“The Mission of The Republic of Korea to ASEAN recruits Korea-ASEAN Online Supporters every year to promote friendly relations and mutual understanding between Korea and ASEAN”

- About #2022KAOS -

Untuk kalian yang belum mencoba mendaftar, atau sudah mendaftar di tahun 2022 namun belum lolos, teruslah berkarya dan daftarkan diri kalian untuk KAOS 2023, karena InsyaAllah kesempatan untuk menjadi Korea-ASEAN Online Supporters akan dibuka setiap tahun.

Sekian untuk serba-serbi 'Launching Ceremony of 2022 Korea Asean Online Supporters'ku. Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai habis! ^^

Keyword / Hashtag: 

#2022KAOS #KoreaAseanOnlineSupporters #한국아세안온라인서포터즈 #주아세안대표부 #rokmissiontoasean #asean_korea #korasean

Greenshe Review