Love O2O (2016) - Movie Review


Love O2O Movie Poster
Director : Zhao Tianyu
Produser : Zhang Yibai
Penulis : Gu Man
Rilis : 12 Agustus 2016
Pemeran : Jing Bo-Ran, Angela Baby
Genre : Romance


"Cintaku Bersemi di Game Online"

Mungkin judul seperti itu yang akan digunakan oleh sinema-sinema siang Indonesia jikalau suatu saat ada yang membuat cerita serupa. Yak, film berjudul Love O2O aka Love Online to Offline ini adalah adaptasi dari novel berjudul sama, karya Gu Man. 

Sinopsis. 

Film ini menceritakan Bei Wei Wei, mahasiswi populer di jurusan komputer, yang diajakin putus sama pacar dunia maya-nya di Game Online RPG yang suka dimainkan oleh Wei Wei. Alih-alih patah hati, Wei Wei tidak mengambil pusing ajakan putus yang dilakukan pacarnya itu dan langsung mengiyakan ajakannya, toh mereka berpacaran hanya untuk menyelesaikan misi-misi dalam game.  Namun kemudian, Wei Wei mengetahui bahwa pacarnya minta putus karena berpacaran dengan gamer paling cantik di permainan itu. Ketika Wei Wei dianggap tengah mengacau acara pernikahan-online mantan pacarnya, seorang gamer papan atas bernama Yixiao Naihe muncul secara tiba-tiba dan mengajak Wei-Wei --yang menggunakan userID, Luwei Wei Wei-- untuk menikah di game tersebut. 

Bayangkan ada orang asing yang melamarmu dalam sebuah game, atau seseorang mengirim permintaan status di facebook padamu. Dalam dunia nyata, tentu itu mengerikan, bisa jadi modus kejahatan. Apalagi kalau kamu tidak memilah siapa temanmu di facebook. Tapi dalam dunia entertainment, semuanya dikemas untuk menghibur pemirsa dari jenuhnya dunia nyata. Itulah yang dilakukan Gu Man dalam cerita Love O2O ini. Hanya mengangkat problem kecil, dan menambahinya dengan bumbu romansa dan komedi, ta-daaaaa jadilah cerita ini. 

Greenshe akan mengulas film, drama, dan novelnya secara terpisah. Siapa yang belum nonton film, drama, atau belum baca bukunya? Berhati-hatilah, karena akan ada beberapa spoiler dalam review ini. Shuu shuu..


REVIEW

Plot.

Love O2O ini memiliki konsep cerita yang sangat ringan, hanya kisah cinta seputar anak kuliahan. Tidak ada sang antagonis, apalagi derai air mata. Yang ada hanyalah senyum dan tawa. Siapa sangka perihal pacaran dalam game online bisa dijadikan cerita yang menarik? Ini yang membuatku terkesan dengan Love O2O. Konsep cerita yang terkesan fresh dan unik ini sangat bisa menghibur pemirsa yang menontonnya. Bumbu komedi yang disesapkan ke dalam film juga unik.

Awalnya, Greenshe tidak tertarik dengan film ini, namun (seperti biasa) poster film ini selalu ada di bagian Film Rekomendasi di situs nonton drama dan film favorit Greenshe. Dan yah, berhubung tidak ada tanggungan drama atau film yang harus di download dan di tonton saat itu, Greenshe iseng-iseng menonton film ini. Dan rupanya, ceritanya sungguh menarik dan Greenshe sampai terpukau dengan ketampanan Xiao Nai yang diperankan oleh Jing Bo Ran.

Selain itu, bagi penggemar berat acara variety show Korea, Running Man, tentu nggak asing sama Angela Baby yang merupakan member Running Man versi China. RM Korea dan China beberapa kali membuat episode khusus, dimana keduanya bermain. Nah, karena Greenshe sedikit familiar dengan Angela Baby, jadi bisa dikatakan Greenshe menonton film ini karena Angela Baby juga.


Karakter.

Angela Baby dan Jing Bo Ran bukanlah aktris dan aktor pendatang baru di China. Aku sudah sering melihat film dan drama mereka. Dan keduanya memang dapat dikatakan termasuk aktris dan aktor andalan di China, sehingga kemampuan actingnya nggak diragukan lagi lah yaa.

Angela Baby sangat baik menggambarkan karakter Wei Wei yang cool! namun terkadang bersikap bodoh hingga bisa membuat penonton merasa malu, haha. Jing Bo Ran juga sangat baik menggambarkan karakter Xiao Nai yang super ganteng, keren dan tak banyak berekspresi.


Setting dan Sound Effect.

Setting : Awalnya, Greenshe agak kurang nyaman sama penggambaran dunia game online dalam film ini. Tapi semakin lama ditonton, yaaaa lumayan. Dan overall, semuanya tertutup dengan cerita yang super duper menghibur.

Song : Greenshe sejujurnya nggak begitu merhatiin ada lagunya atau nggak bahkan. Sangking senangnya dengan plot yang menyenangkan seperti ini, jadi Greenshe ngga punya banyak hal yang bisa dikomen buat lagunya. Cocok cocok aja kayaknya, soalnya aku masih bisa enjoy nontonnya.


OVERALL REVIEW

Plot : 9 / 10 (karena cerita ini tipe Greenshe banget)
Karakter : 9 / 10 (Xiao Nai ganteng banget soalnya, hahaha)
Setting : 8 / 10 
Sound : 7 / 10 (deguchi, soalnya gak begitu fokus ke musik dan suara)


Film ini rekomen BANGET, buat kalian pecinta drama dan film romance yang sudah lelah nonton film dan drama yang punya konflik berat dan bikin perasaan galau. Jaminan bakal senyum senyum geli pas nonton film ini. Film ini ringan, tapi menghibur.

Film ini juga memiliki versi Drama dan Buku nya. Selanjutnya, Greenshe akan mengulik Dramanya. Tapi bagi pemula, silahkan nonton Filmnya dulu, karena menurut Greenshe, film ini seperti trailer untuk dramanya. Sedangkan bukunya lebih detail dari dramanya. Jadi, nonton filmnya dulu saja~

See ya!

Greenshe Review