Love O2O / A Smile is Beautiful (2016) - Drama Reviews

A Smile is Beautiful Poster

Director : Lin Yuifen
Penulis : Gu Man, Shen Feixuan, dkk
Rilis : 22 Agustus 2016
Pemeran : Yang Yang, Zheng Shuang
Genre : Romance, Comedy
Episode : 30


"Emangnya drama China ini bagus banget, ya? Selalu ada di bagian rekomendasi di website ini?"
(Greenshe)

Begitulah komentar pertama Greenshe, ketika memulai untuk menonton drama atau film baru. Greenshe dasarnya adalah pecinta Korea, dan sedikit Jepang serta Thailand. Entah kenapa kalau drama China / Mandarin, telinga Greenshe masih tidak bisa terima drama yang di dubbing pakai bahasa mereka, tapi tuh nggak sinkron sama gerakan mulutnya. Ini hanya pendapat pribadi Greenshe, loh.

(Selalu) Awalnya, drama dengan judul A Smile is Beautiful / One Smile is Very Alluring ini tidak menarik perhatian Greenshe, meskipun ada di bagian rekomendasi drama baru. Tetapi, ketika tahu bahwa drama ini adalah versi drama Love O2O yang pernah Greenshe saksikan filmnya, tentu saja jadi super tertarik dengan drama ini. Setidaknya timbul rasa 'ingin menonton' pada saat itu.

(Lagi-lagi) Awalnya, Greenshe menganggap remeh aktor dan aktris versi drama. Apakah Xiao Nai yang di drama lebih ganteng dari Jing Bo Ran, ya? Apakah Wei Wei nya secantik Angela Baby? Pertanyaan-pertanyaan yang mungkin menurut kalian 'menyebalkan' itu muncul begitu saja di kepala Greenshe. Lantaran ngeri kalau versi drama hanya memanfaatkan ketenaran versi film Love O2O. 

Tetapi, setelah nonton sampai tamat......... BYE WORLD! BYE!

Sinopsis.
Bei Wei Wei dengan userID Luwei Wei Wei, diajakin cerai sama suami dunia game-nya. Alih-alih patah hati, Wei Wei tidak mengambil pusing ajakan cerai itu, dan langsung mengiyakannya, toh mereka hanya menikah untuk menyelesaikan misi dalam game, bukan karena ada ketertarikan pribadi. Namun, baru saja kemarin bercerai, Wei Wei mengetahui bahwa mantan suaminya minta certai karena ingin menikah dengan gamer tercantik di permainan itu.

Ketika Wei Wei dianggap tengah mengacau acara pernikahan-online mantan suaminya, seorang gamer papan atas bernama Yixiao Naihe muncul secara tiba-tiba dan mengajak Wei Wei untuk menikah di game tersebut. Dan siapa sangka, bahwa Yixiao Naihe adalah kakak kelas populer di jurusan yang sama dengan Wei Wei.


REVIEW

Plot.

It's better than the movie! Because they put more detail on the drama!

Yeap! Dari segi plot, drama ini lebih detail dan jauh lebih menyerupai versi novelnya. Kalau dibandingkan dengan plot yang ada di film, konsepnya sama, intinya sama, tetapi detail yang ada di dalam drama membuat Greenshe melihat filmnya seolah sebuah trailer, teaser, atau sekedar sinopsis, bahkan spoiler dari dramanya.


Karakter.

Greenshe suka banget penggambaran karakter Xiao Nai dan Wei Wei yang sangat sempurna. Greenshe tidak dapat memilih mana yang lebih baik, apakah versi film atau versi drama, karena keduanya.. haa... cantik dan ganteng, dan lagipula pasangan di film dan drama sangat cocok.

Yang Yang (Xiao Nai) dan Zheng Shuang (Wei Wei) sangat cocok untuk jadi pasangan di tv drama. Karena postur mereka yang terlihat sama-sama kecil dan lebih anak kuliahan banget, jadi cocok banget. Terlebih lagi, Zheng Shuang adalah pemeran 'Sanchai' di Meteor Garden versi China, aka Meteor Shower, jadi terbukti cantik lah ya. Karena biasanya yang memerankan karakter Sanchai itu harusnya cantik. Sedangkan Yang Yang, ketampanannya yang hakiki benar-benar sempurna untuk Xiao Nai, haha.

Ah, sedikit funfact, sebelum bermain di Love O2O, Jing Bo Ran (Xiao Nai versi film) dan Zheng Shuang (Wei Wei versi drama) pernah menjadi pasangan di drama 'Queen Inhyun's Man' versi China. Terkadang Greenshe membayangkan apa jadinya kalau Xiao Nai dan Wei Wei versi film dan drama bertukar pasangan, haha. Well, kinda impossible, but gak pa-pa lah ya, imaginary casts, haha.


Setting dan Sound

Setting.
Untuk setting dunia game onlinenya, tidak lebih baik dari versi filmnya. Masih ada animasi-animasi yang, well, kurang sedap pas ditonton. Tapi seperti yang sudah pernah Greenshe katakan... Plotnya menutupi itu semua, karena plotnya yang memiliki humor komedi sangat cukup untuk membuat penonton senyum sendiri dan tertawa.

Sedangkan untuk settingan kampus, terlebih ketika Xiao Nai dan Wei Wei memutuskan untuk bertemu offline setelah sekian lama menikah di game, sangat bagus. Bertemu di bawah pohon Willow (kalau gak salah namanya itu), dekat jembatan gitu.. beautiful!

Sound/ Song.
Berhubung ini adalah drama 30 episode, yang setiap episode memutar lagu opening dan ending, tentu Greenshe tidak melewatkannya. Lagu opening dan endingnya sukaaaaa banget! Khususnya endingnya. Karena yang nyanyiin adalah Yang Yang! Xiao Nai kita! Top deh buat musik soundtrack-nya.

Untuk sound, seperti dubbing audio dialog para aktor dan aktrisnya, PAS! Sampai Greenshe nggak paham apakah suara mereka di dubbing lagi atau memang audionya asli gitu. Pokoknya audio sama gerakan bibir sesuai dehhh.


OVERALL REVIEW

Plot : 9.5 / 10 (karena lebih detail dan menyerupai novel dibandingkan filmnya)
Karakter : 9.5 / 10 (karena karakter dalam drama lebih digambarkan secara detail daripada film)
Setting : 7.5 / 10 (mungkin karena ini adalah kelas drama, jadi animasi yang digunakan dalam drama tidak lebih sedap daripada film)
Sound / Song : 8 / 10

Drama ini tentu sangat rekomen bagi kamu yang jatuh cinta sama filmnya. Atau kamu-kamu para pecinta drama yang bosan dengan konflik yang menegangkan dan berat. Setelah menonton film dan dramanya, dengan menambah membaca bukunya, akan menambahkan pula rasa suka kamu terhadap cerita garapan Gu Man ini.

See ya!

Greenshe Review