Memories of The Alhambra (2018) - Drama Review

Memories of The Alhambra
Judul : Memories of The Alhambra
Rilis : 1 Desember 2018
Pemeran : Hyun Bin, Park Shin Hye, Park Hoon, Kim Yong-Rim, Chanyeol, Lee Re, etc
Episode : 16 episode
Director : Ahn Gil Ho
Writer : Song Jae Jung

Hai hai halo. Hari ini aku akan mereview drama yang akhir-akhir sedang beken di lingkunganku. Drama Memories of The Alhambra ini belum lama tamat, sekitar dua minggu yang lalu. Dan apa kalian tahu AR (Augmented Reality) dan VR (Virtual Reality) ? Bagi kalian yang suka game atau perkembangan teknologi, mungkin kalian udah nggak asing lagi sama AR dan VR. 

Sejujurnya, aku lebih sering bertemu dengan yang namanya VR, dan baru pas nonton drama ini aku tahu AR. Konsepnya sebenarnya unik, mengingatkanku dengan anime berjudul Sword Art Online, hanya saja SAO mengulik VR, sedangkan MOA mengulik AR. Tapi overall, konsepnya sama-sama game, dan sama-sama amazing! 


Sinopsis

Jadi, ceritanya dimulai ketika Yoo Jin-Woo (Hyun Bin), seorang CEO dari perusahaan investasi game Korea sedang melakukan perjalanan bisnis ke Barcelona. Tetapi suatu malam ia mendapatkan telepon misterius dari seorang programmer bernama Jung Se-Ju (Chanyeol) yang kemudian menggiring Yoo Jin Woo ke kota Granada, Spanyol, untuk menemuinya. Namun setelah sampai di Granada, Se-Ju hanya meninggalkan game buatannya dan menghilang poof

Setelah mencoba permainan yang diciptakan Se-Ju, Yoo Jin-Woo tertarik dan berencana untuk mengambil hak cipta game tersebut dan berusaha untuk menemui Se-Ju, lalu menemukan bahwa pemilik hostel tempatnya menginap di Granada adalah saudari Se-Ju, Jung Hee-Ju.

Review

Plot

Belum banyak drama yang mengambil tema dan konsep tentang game. Kalau kalian lihat lagi blog-ku, aku pernah mereview salah satu drama, film, dan buku China yang mengambil konsep game. Berbeda dengan drama Love O2O yang memfokuskan cerita pada sisi romance-nya. Memories of The Alhambra juga menyisipkan genre misteri, seperti kebanyakan drama Korea pada umumnya, dan porsi romance tidak begitu banyak, bahkan terkesan tersirat. Sedangkan genre fantasy dan mistery lebih kena.

Akhir-akhir ini sulit menemukan drama yang memiliki cerita unik yang sesuai seleraku. Kebanyakan drama sekarang lebih menekankan romance-romance yang terlalu romance, jadi terkesan membosankan. 

Saat itu aku membutuhkan tontonan baru dan memutuskan untuk menonton MOA karena sedang hits. Dan ketika aku menonton episode 1, aku cukup kagum dengan konsep gamenya. Kalau kalian mengecek siapa penulisnya, penulis drama MOA adalah penulis yang sama dengan penulis drama W, Nine: 9 Times Time Travel, dan Queen Inhyun's Man. Ketiga judul tersebut bisa dibilang adalah drama favoritku, karena konsep dan cerita yang menarik. Namun aku sempat kecewa dengan ending drama W: Two Worlds yang kurang memuaskan, sehingga aku agak meragukan apakah ending MOA akan berakhir sama atau tidak seperti W.

Namun setelah menyaksikan drama ini sampai tuntas, menurut pendapatku, drama ini memiliki ending yang lebih baik dari W, walau aku masih ingin ada lanjutannya, haha.

Karakter

Siapa yang menonton drama ini karena Chanyeol?

Yah, aku tidak akan memungkiri bahwa akan banyak EXO-L yang menyaksikan drama ini walaupun sepanjang 16 episode Chanyeol hanya muncul selama 55 menit 16 detik. Namun karakter Chanyeol bisa dikatakan sebagai pintu masuk dan pintu keluar dalam drama ini. Acting Chanyeol pun cukup mempesona, haha.

Karakter yang sangat membekas untukku adalah Seo Jung Hoon, sekertaris Yoo Jin-Woo. Sedangkan karakter lain seperti Jung Hee-Ju, Yoo Jin-Woo, dan karakter lainnya sudah melakukan porsinya dengan sangat baik. Adegan terakhir Yoo Jin-Woo di dalam gereja juga cukup membekas di benakku. Karakter Cha Hyung Seok juga cukup membekas. Rata-rata yang membekas dalam benakku malah karakter pendukung, haha.

Setting dan Original Sound Track

Drama Korea benar-benar apik menata CG, lokasi, dan bahkan OST nya. CG yang digunakan dalam drama ini nggak ribet semacam drama Goblin sih, tapi tetap aja CG yang digunakan mendukung drama menjadi lebih menarik. Lokasi yang digunakan benar-benar membuatku tergugah untuk berwisata ke Granada. Sedangkan OST favoritku di drama ini adalah Original Sound Track yang dinyanyikan oleh Ailee, yaitu Is You. Ailee sendiri adalah salah satu soloist terfavo-ku.


Overall Review

☆☆☆☆

4/5 bintang

Greenshe Review