Abyss (2019) - Drama Review

Apa yang akan kamu lakukan kalau kamu dihidupkan kembali dengan penampilan yang berbeda? Atau bagaimana kalau sahabat kamu memiliki penampilan yang berbeda?


Judul : Abyss (어비스)
Episode : 16 episode
Pemeran : Ahn Yo Seop, Park Bo Young, Kwon Soo Hyun, dan lain-lain
Director : Yoo Je Won
Writer : Moon Soo Yun

Greenshe kembaliiiii.
Kali ini aku akan mereview episode 1 dari drama terbaru saluran tv tvN yang berjudul Abyss. Sekedar menulis review mengenai first impression aku aja terhadap drama ini, dan apakah drama ini cukup oke untuk dilanjutkan nonton. Sejujurnya, aku kurang suka posternya yang ini, ahaha. Tapi berhubung aku sudah terlebih dahulu lihat trailernya di Youtube, drama ini tetap menjadi salah satu drama yang aku nanti-nantikan. Buat yang belum nonton teaser atau pun trailernya, bisa di cek di bawah ini, ya.

Teaser


Trailer

Review

     Plot     

Menurutku, setelah menonton episode 1 beberapa hari lalu, plot episode perdana drama ini sangat lucu dan menarik, sekaligus dodol gimana gitu, haha.

Drama dibuka oleh Cha Min, pengusaha terkenal dengan postur pendek dan gemuk yang sedang minum di tepi atap perusahaannya. Ia sedang bersedih karena tunangannya memutuskan hubungannya begitu saja ketika pernikahan mereka sedang dipersiapkan. Cha Min hendak bunuh diri, tetapi rasa takutnya akan kematian mengenyahkan keinginannya itu. Namun saat itu angin atap berhembus kencang hingga mampu membuat Cha Min terdorong, sehingga mau tak mau ia harus berjuang menahan bobot dirinya dengan berpegangan di tepi atap agar tidak mati. Selagi bertahan, -ini bagian kocaknya- secara tidak sengaja, pesawat alien menabraknya layaknya bola golf, membuat Cha Min terlempar jauh hingga akhirnya mati. Sebagai permintaan maaf, alien-alien tersebut menghidupkannya kembali dengan bola ajaib yang mereka sebut Abyss. Kini, Cha Min kembali hidup dengan penampilan yang sangat tampan dan tinggi -yang katanya adalah wujud jiwa aslinya-. Lalu, Cha Min punya sahabat, namanya Go Se Yeon, seorang prosecutor yang mati karena di bunuh. Cha Min menggunakan Abyss untuk menghidupkan sahabatnya kembali, dan dalam wujud yang berbeda, mereka mencari tahu siapa pembunuhnya.

저는 Fantasy를 진짜 좋아해! Aku sangat menyukai genre fantasy, walaupun ia dipadukan dengan misteri, romance, drama atau pun crime. Bagiku, rasanya tuh fantasy sudah menjadi bumbu yang sangat pas untuk sebuah drama, agar tidak membosankan gitu. Selain itu, unsur komedi di drama Abyss episode 1 ini juga menghibur, walau tidak begitu terang-terangan melucu. Fantasi dan tingkah komedik Cha Min membuat genre crime dan misterinya tidak begitu berat, namun tetap berasa. Pokoknya pas.

Oh ya, apa kalian tahu alien Do Min Joon dari drama You Who Came From The Star? Alien di awal episode sepertinya sebangsa dengan Do Min Joon, hahaha. Tapi, drama ini, khususnya episode 1 berfokus pada Abyss dan misterinya. Namun, apakah Abyss hanya benda ajaib biasa atau it has other meanings and purposes? Karena terkadang semakin ke belakang, drama seperti ini akan menghilangkan kegunaan Abyss ini, dan ya hanya sebagai pengantar saja. Tapi, berhubung ini adalah episode 1, aku masih penasaran dengan apa saja kegunaan Abyss itu. Apakah eksistensinya akan tergeser dengan crime-nya, atau benda itu akan sangat berguna ke depannya? Let's see...

     Karakter     

Drama Abyss ini dimainkan oleh Park Bo Young, yang sudah terkenal di dalam dunia perfilman, dan Ahn Yo Seop si Best New Actor 2018 di SBS Drama Awards, itu loh yang main di 30 But 17, lalu Splash Splash Love, lalu Queen of Ring, lalu One More Happy Ending. Karena sudah cukup banyak drama Ahn Yo Seop yang aku tonton, jadi, bisa di katakan aku suka dengan perkembangan karirnya di dunia acting

Di Abyss, pasangan Ahn Yo Seop dan Park Bo Young ini lucu dan menggemaskan banget. Postur AYS yang tampan, tinggi, bak karakter anime, serta Park Bo Young yang lucu dan mungil. Cucok, deh. Terlebih hubungan karakter mereka bukan lah yang so sweet menye-menye gitu, tapi lebih ke sahabat yang sebenarnya saling suka dan perhatian dengan suka berseteru gitu. Mungkin chemistry antara dua karakter utama ini belum begitu terlihat di episode 1, karena PBY ini muncul di hampir akhir episode 1, jadi mungkin chemistry nya akan terlihat di episode 2. Dan sepertinya drama ini cukup patut untuk dinanti, soalnya cast serta cuplikan teaser dan trailernya cukup menjanjikan.

Karakter Cha Min adalah main focus di episode 1, sehingga yang kelihatan lucu, menggemaskan, dan juga dodol, ya... dia. Tapi, karakter bernama Seo Ji Wook yang diperankan oleh Kwon Soo Hyun juga membuatku kerap memicingkan mata, sebab dia terlihat mencurigakan, apakah dia baik atau jahat. Pokoknya misterius!

     Setting     

Aku bukan pakar animasi, sih. Tapi sebagai penonton, sepertinya animasi Abyss si bola ajaib ini terkadang terkesan kurang halus, dan malah lucu. Maksudku, lucu aneh gitu. Seharusnya sekedar bola kaca yang tengahnya di kasih efek bercahaya juga sudah cukup. Tapi, apalah aku, hanya penonton yang tidak begitu mementingkan animasi, haha. Mungkin nanti aku akan terbiasa dengan animasinya.

Selain animasi, ada adegan yang aku suka di episode 1 ini, yakni adegan ketika Cha Min <Ahn Yo Seop> di tengah hujan menghampiri rumah Go Se Yeon untuk memberikan minuman hangover gitu karena Se Yeon habis mabuk-mabukan gitu. Saat Cha Min memanggil-manggil Se Yeon di luar, tidak ada jawaban apa-apa, hanya lampu kamar yang tadinya menyala lalu dimatikan. Jadi, Cha Min mengira Se Yeon sudah tidur, lalu ia kembali pulang deh. Bukan disitu hal favoritku. Tetapi, bagian dimana ternyata yang mematikan lampu kamar Se Yeon adalah pembunuh Se Yeon! Jadi tuh pembunuhan Se Yeon terjadi tepat ketika Cha Min di luar rumahnya. Ya ampun ini aku nge-feel banget gitu loh. Terlebih keesokannya, ketika kematian Se Yeon tersebar, si Cha Min nyesel banget nggak masuk ke rumah Se Yeon gitu, sahabatnya dibunuh ketika dia disitu, dan dia gak bisa melakukan apa-apa. Adegan ini bikin gemes, merinding, kasihan, dan UGH! Puk puk Cha Min. :(

     Background Music     

Drama dengan genre crime/ misteri tidak lengkap tanpa musik instrumental menegangkan yang mampu membawa perasaan penonton jaid ikut tegang dan bertanya-tanya. Menurutku, terhitung di episode 1, musiknya sudah mendukung banget, sih. Sedangkan, OST belum terlalu berkesan di episode 1 ini, jadi nteu bisa banyak komen.

Overall Review

☆☆☆☆
4 bintang untuk episode 1. Karena plot yang menarik dan bikin penasaran. Karakter yang menyenangkan dan terkesan fresh. Dannn aku suka, haha.

By the way, aku masih menunda untuk menonton episode 2, karena aku ingin membuat review awal episode dulu, baru lanjut nonton episode 2, dengan harapan, feeling yang aku rasakan ketika nonton episode perdana tidak tercampur dengan feeling yang aku rasakan ketika menonton episode 2 dan seterusnya. Jadi, setelah review kali ini rampung, i'm ready for the next episode! 

Aku nggak akan review semua episode satu-satu, kok. Mungkin cuma perdana, atau akhir, atau mungkin perdana dan akhir, haha. See you later!

Greenshe Review