Thoughts #3 - 10 Rekomendasi Webtoon Romance

Hola,
Apa kalian suka membaca webtoon? Aku suka membaca webtoon melalui aplikasi LINE Webtoon dan terkadang aku membaca webtoon di Naver yang Korea. Di postingan kali ini, aku akan memberikan Top 10 Romance Webtoon ala Greenshe. Daftar webtoon tersebut akan disusun dengan urutan yang tidak beraturan, jadi berapapun nomornya, aku tetap menyukai webtoon itu, haha. Apakah list webtoon favorit Greenshe sama dengan selera kalian? Let's check it out!


Sumber gambar: Wikipedia

Top 10 Romance/Drama Webtoon by Greenshe


1. We Just Broke Up by Chaerin Ryu

☆☆☆☆

Bagaimana reaksimu jika kamu harus tinggal serumah sama mantan pacar? Kalau di Indonesia pasti sudah di grebek se-kampung. Webtoon bergenre romantis ini menceritakan tentang sepasang mantan kekasih, Woori dan WonYoung yang sudah putus tetapi masih harus tinggal satu atap karena pemilik rumah yang mereka sewa sedang banyak hutang, jadi mereka tidak bisa langsung keluar dari rumah itu, setidaknya 6 bulan. Dan karena mereka membayar sewanya berdua, jadi mereka berdua memiliki hak untuk tinggal di rumah itu. Kira-kira CLBK nggak ya? Bagi kalian yang suka cerita romance , cerita ini lucu dan ringan untuk dibaca. Atau jika sekiranya kalian tidak tertarik untuk membaca, webtoon ini sudah diadaptasi menjadi web-drama, loh. Karakter utama dalam drama diperankan oleh Sandara Park & Kang Seung Yoon, serta Jang Ki Yong.

2. Untouchable by Masstar

☆☆☆☆
Kisah vampire yang jatuh hati dengan manusia rasanya sudah mainstream sejak kehadiran Twilight, atau bahkan jauh sebelum Twilight? Tetapi awal yang lucu dan menarik memberikan nuansa berbeda dari webtoon ini. Webtoon ini mengisahkan tentang vampire yang sudah tidak memakan darah manusia lagi, tetapi menyerap energi dari tubuh manusia. Lee Sia, seorang vampir perempuan yang bertemu dengan seorang laki-laki yang memiliki energi terlezat(?) yang pernah ia rasakan. Ah, ceritanya terdengar biasa, bukan? Tunggu sampai kalian tahu bagaimana pertemuan pertama Sia dan laki-laki itu menjadi momen yang paling memalukan untuk Sia.

3. My Pre-wedding by Annisa Nisfihani

☆☆☆☆
MPW adalah webtoon Indonesia pertama yang aku suka. Menceritakan perjalanan Adelia dan Adimas yang akan menikah. Prolog webtoon ini sangat menarik rasa penasaranku. Dibuka dengan Adimas, sekertaris lurah yang ganteng, yang tiba-tiba melamar Adelia, seorang staff kelurahan yang bahkan belum pernah ngobrol tentang masalah diluar pekerjaan dengannya. Kira-kira apa alasan Adimas melamar Adelia secara tiba-tiba itu? Ceritanya sangat menghibur.

4. Love Doesn't Talk by Ann

☆☆☆☆☆
Berbeda dari webtoon lainnya yang dilengkapi dengan dialog-dialog para karakter, panel webtoon Love Doesn't Talk tidak memberikan hal itu, dan itu lah yang membuat Webtoon ini berbeda dan special. Webtoon ini benar-benar cucok dengan judulnya, menceritakan tentang seorang siswi yang diam-diam jatuh hati dengan teman sekelasnya, tetapi alih-alih dijelaskan dengan kata-kata, para pembaca disuguhi gambar-gambar yang sangat bagus dan memanjakan mata. Tanpa perlu dialog, kita juga masih bisa membuat cerita yang bagus, kok.

5. I Am Gangnam Beauty by KMK

☆☆☆☆☆
Satu lagi webtoon yang sudah diadaptasi menjadi drama. Greenshe sangat suka dengan webtoon ini sebagaimana aku menyukai versi drama yang sebelumnya pernah aku review di sini. Konfliknya terasa sangat dekat, moral value nya sangat ngena, building character nya juga sangat baik, Mirae dan Kyungsuk itu gemes banget. Serius, deh, ini keren.

6. Flawless by Shinshinhye

☆☆☆☆
Kapan lagi baper sama cowok tunanetra yang ganteng dan serbabisa seolah dirinya bukan seorang tunanetra? Hanya di Flawless hal itu bisa terjadi! Webtoon ini lucu, unik, dan simpel. Hanya menceritakan kisah cinta dan persahabatan anak SMA, khususnya Sarah dan Elios. Sejujurnya, menurutku konflik di dalam webtoon ini tuh sangat dekat dengan realita, hampir hampir menyerupai sinetron lah, seperti suka sama cowok yang sama, menghalalkan segala cara untuk bisa mendapatkan cowok itu, dll. Tapi yang membuat Flawless terkesan lebih elegan adalah cara mengatasi konfliknya. Seluruh konflik diselesaikan dengan solusi yang begitu apik dan cerdas, tidak diakhiri dengan kekerasan atau pertengkaran seperti si cewek A dan B jambak-jambakan ngerebutin Elios. Nggak. Pokoknya cerita ini keren banget.


7. Pasutri Gaje by Annisa Nisfihani

☆☆☆☆☆
Webtoon ini melanjutkan kisah Adelia dan Adimas setelah menikah di webtoon sebelumnya, yakni My Pre-Wedding. Kisah yang begitu real membuat webtoon ini banyak disenangi oleh orang-orang. Kalau saja Pasutri Gaje dijadikan sinetron, namun dengan storyline yang sama, aku akan setia menontonnya, haha.


8. Orange Marmalade by Seokwoo

☆☆☆☆☆
Orange Marmalade adalah salah satu webtoon pertama yang aku baca ketika LINE Webtoon tenar. Ceritanya masih mengambil tema vampire perempuan, Mari, yang jatuh hati sama seorang anak manusia, Jaemin, karena aroma darahnya sangat lezat. Dalam webtoon ini, keberadaan vampire masih dianggap sebagai musuh, sehingga konflik dalam webtoon ini lebih fokus mengenai bagaimana vampire itu berusaha bertahan untuk bisa diterima di masyarakat. Berbeda dengan Untouchable yang memberikan porsi romance yang banyak. Orange Marmalade juga mengulik tentang persahabatan, serta mimpi/cita-cita.


9. Eggnoid by Archie The Red Cat

☆☆☆☆☆
Sebenarnya, hal yang sangat membuatku menyukai webtoon ini adalah genre dan konsepnya, bukan mengenai romancenya, namun cenderung ke fantasy dan misterinya. Webtoon yang memuat fantasi dan science fiction ini akan membuat pembaca penasaran mengenai telur tanpa identitas aka Egg-no-id yang muncul tiba-tiba di kamar gadis cantik tapi kuper, bernama Ran.


10. The Secret of Angel by Yaongyi

☆☆☆☆☆
Webtoon ini mengulik tentang kecantikan dan menceritakan tentang Jukyung, seorang perempuan yang ingin terlihat cantik karena suka di ejek temennya, seperti halnya Mirae di Gangnam Beauty. Yang membedakan cerita ini dengan Gangnam Beauty adalah cara mereka mewujudkan cantiknya mereka. Jukyung dalam webtoon ini menggunakan makeup untuk membuatnya terlihat cantik. Setelah masuk SMA, ia menyembunyikan wajah aslinya dari teman-temannya di sekolah. Tetapi suatu saat ia bertemu dengan Suho, laki-laki yang di sekolah terlihat dingin, tetapi ketika Jukyung (tanpa make up) bertemu dengannya di tempat penyewaan komik, Suho malah terlihat sebagai sosok yang menyenangkan. Setelah beberapa kali bertemu, Suho menyadari bahwa Jukyung yang ia temui di tempat penyewaan buku adalah Jukyung yang sama seperti di sekolahnya. Kisahnya masih berlanjut, dan tidak hanya Suho cowok ganteng 2D di webtoon ini. Silahkan baca sendiri, haha.

‗‗‗‗‗‗‗‗‗‗‗‗‗‗‗‗‗‗‗‗‗‗‗‗‗‗‗

Selesai! Itulah Top 10 Webtoon Romance/Drama versi Greenshe. Sebenarnya agak segan juga untuk menentukan 10 dari banyaknya webtoon yang aku baca. Tapi, untuk saat ini 10 webtoon itu adalah favoritku. Lalu, bagaimana dengan kalian? Apa webtoon favorit kalian juga ada di list ini?

Greenshe Review