It's Okay To Not Be Okay (2020) - Drama Review

 

It's Okay To Not Be Okay (2020)

Halo teman-teman, bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga baik-baik saja ya. Hari ini aku akan mereview drama Korea hits yang belum lama tamat, yakni It’s Okat Not To Be Okay.

Judul: It’s Okay Not To Be Okay / 사이코지만 괜찮아 / Psycho, But It’s Okay
Episode: 16
Direktor: Park Shin Woo
Writer: Jo-Yong
Pemeran: Kim Soo Hyun, Seo Yea Ji, Oh Jung Se, dll

Drama ini mengangkat isu kesehatan mental sebagai dasar ceritanya. Menceritakan Moon Gang Tae (Kim Soo-Hyun) yang bekerja sebagai perawat di rumah sakit jiwa. Di luar jam kerjanya, ia juga memiliki seorang kakak yang memiliki keterbelakangan mental, Sang Tae (Oh Jung Se). Setelah kematian ibunya, Gang Tae dan Sang Tae harus hidup dengan terus melarikan diri dari masa lalunya.

Di samping itu, Go Moon Young (Seo Yea-Ji) adalah penulis cerita anak yang terkenal. Sikapnya kasar dan bertindak semaunya. Pertemuannya dengan Gang Tae menciptakan cerita yang menghangatkan dan penuh kejutan.

Review 

Plot

Awalnya aku ragu untuk menonton drama ini. Isu kesehatan mental yang diangkatnya membuatku berpikir bahwa drama ini akan membosankan dan terlalu mellow. Tetapi setelah mencoba menontonnya, aku berbicara pada adikku, “Ceritanya adem ya”. Dan adikku berkata, “Iya, ini kan drama healing”.

Walau membahas mengenai kesehatan mental yang agak berat, tetapi plot dikemas dengan baik. Banyak hal-hal lucu yang membuat drama ini tidak membosankan dan cenderung menyejukkan perasaan. Karakter Go Moon Young disini adalah penulis cerita anak, dan nuansa yang diberikan dalam cerita ini cenderung seperti dark fairy tale. Dark bukan berarti filmnya berat banget. Dark disini memiliki maksud bahwa drama ini memiliki nilai tersirat yang tak se-ringan penyampaiannya.

Selama berjalannya cerita, penonton juga disuguhi beberapa twist yang cukup mencengangkan. Seperti bagaimana masa lalu Go Moon Young, dan bagaimana masa lalu Gang Tae serta Sang Tae yang mengharuskan mereka hidup berlari dan bersembunyi dari sesuatu yang sebenarnya belum tampak.

Karakter

Setiap karakter disini memiliki sifat dan sikap yang berbeda. Gang Tae yang cenderung menahan segala emosinya, Moon Young yang cenderung meledak-ledak, serta Sang Tae yang tak tertebak. Hal yang sangat membuatku kagum dengan karakter disini adalah chemistry setiap karakter tuh sangat mantap.

Aku sangat salut dengan acting Seo Yea Ji yang membuat Go Mun Young menjadi dirinya. Begitu juga dengan Kim Soo Hyun dan Oh Jung Se yang memerankan Gang Tae dan Sang Tae hingga membuatku tidak bisa membayangkan bagaimana jadinya kalau karakter-karakter tersebut diperankan oleh orang lain.

Karakter pendukung drama ini juga memiliki karakter yang unik-unik. Dan aku suka karakter para pasien dan suster di rumah sakit jiwa OK.

Setting

Kalau kalian sudah menonton drama ini, bagian stop motion yang ada di awal episode adalah bagian favoritku. Boneka karakter Gang Tae dan Moon Young sangat unik dan lucu, hingga membuatku sangat ingin memiliki funko seperti itu. Terlebih cara mereka melakukan produksinya benar-benar bagus! Membuatku semakin kagum dengan drama ini.

Lalu, tak jarang juga efek CGI diperlihatkan di drama ini, khususnya adalah rusa dan rumah Go Mun Young. Ini keren banget sih. Aku sering menonton video behind the scene drama ini dan most of it are mind-blowing.

Tim produksi juga menunjukkan dedikasi mereka yang sangat tinggi melalui pakaian setiap karakter yang memang dirancang khusus sesuai dengan kepribadian karakter-karakter drama ini.

Selain itu, drama ini juga memiliki banyak icon-icon yang khas dan menarik, seperti buku cerita anak Go Mun Young, boneka Mang Tae, dan lain sebagainya. Hal-hal ini membuat drama ini benar-benar berbeda dari drama-drama yang sudah ada.

Overall Review

☆☆☆☆☆

5 bintang.

Perpaduan antara plot, acting, dan setting yang sangat sempurna. Sangat menghibur dan banyak nilai yang bisa penonton ambil dari drama ini. Drama ini bukan drama yang digunakan untuk berdebat, tetapi drama ini harus direnungkan. Kalian yang tertarik menontonnya, bisa menonton ini di Netflix. :)


Greenshe Review