Generasi MZ?

 

Foto oleh Maulia.


Apakah kalian pernah mendengar istilah Generasi MZ?

Generasi MZ adalah sebutan untuk kombinasi dua kelompok usia atau generasi usia, yakni perpaduan antara Generasi Millenias dan Generasi Z. Generasi Millenials adalah mereka yang lahir di tahun 1981~1995. Sedangkan Generasi Z adalah mereka yang lahir di tahun 1996~2010. Kalian termasuk generasi apa, nih?

Penggunaan istilah Generasi MZ ini lebih populer di Korea Selatan, dibandingkan dengan Indonesia. Dan sejujurnya, aku hampir tidak pernah mendengar seseorang menyebut Generasi MZ dalam kehidupan sehari-hari mereka. Berbeda dengan Korea Selatan yang menampakkan kesadaran mereka akan eksistensi Generasi MZ ini di beberapa acara televisi mereka. Contohnya adalah Episode 316 Knowing Bros, dan di bawah ini adalah cuplikan episode tersebut.

Courtesy: Youtube 'JTBC Voyage'

Di Korea Selatan, Generasi MZ ini dianggap sebagai pemeran penting karena saat ini mereka memegang persentasi jumlah yang cukup banyak sebagai warga negara Korea Selatan. Hal itu membuat generasi ini sangat cocok sebagai fokus atau target pasar dan juga pemasaran brand-brand disana.

Walaupun secara usia Generasi Millenials dan Generasi Z sangat berbeda, tetapi ada beberapa kesamaan karakteristik mereka sebagai seorang target pasar. Beberapa diantaranya adalah:

1. Mereka Fasih Secara Digital

Lahir dan tumbuh besar di era dimana internet berkembang sangat pesat membuat mereka ahli dan terbiasa dengan penggunaan internet, khususnya media sosial dibandingkan generasi terdahulu mereka.

Dan ditengah perkembangan pesatnya ilmu teknologi dan informasi, mereka juga melalui tantangan untuk mengindentifikasi kebenaran dari banyaknya informasi palsu di internet. Hal ini lah yang membuat mereka juga memiliki karakteristik sebagai individu yang mengindahkan transparansi dan otentitas dalam hal merk atau brand yang mereka gunakan.

2. Mereka memiliki kepedulian terhadap keadilan sosial dan perubahan iklim dunia.

Generasi MZ ini memiliki kesadaran akan pentingnya isu sosial dan isu lingkungan. Jika kalian memperhatikan zaman sekarang, banyak sekali gerakan-gerakan yang diadakan dan ditujukan untuk generasi muda sekarang yang didominasi Generasi MZ ini. Beberapa dari banyaknya gerakan adalah campaign #LoveMyself #EndViolence dan #LiveTogether yang dipelopori oleh UNICEF dengan target utama yakni Generasi MZ.

3. Gejolak Ekonomi

Dalam masa tumbuh kembangnya, anak-anak Generasi MZ juga terpengaruh berbagai gejolak ekonomi, seperti Krisis Moneter 1998, Krisis Keuangan 2008, dan juga Pandemi 2019.

Trend di Kalangan Generasi MZ

1. MBTI (Myers-Briggs Type Indicator)

Kalau dulu, di Korea, ada trend menanyakan golongan darah seseorang untuk mengetahui kepribadian orang tersebut. Tetapi sekarang, MBTI lah yang sering ditanyakan.
Di Indonesia pun, penggunaan trend MBTI ini juga sudah banyak, tetapi tidak sedikit pula masyarakat yang tidak mengetahui MBTI milik mereka.
Kalau kalian, bagaimana? Apa MBTI-mu?

2. Aktif Berkreasi di Platform Digital

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa jaman sekarang, banyak sekali orang-orang yang aktif berkreasi melalui berbagai platform digital seperti TikTok, Reels, dan Youtube Shorts.

3. Go Green

Seperti yang sudah kutuliskan sebelumnya, bahwa salah satu karakteristik Generasi MZ ini adalah kepedulian mereka akan isu sosial dan lingkungan. Pada praktiknya, saat ini dunia sudah memulai gerakan Go Green dengan lebih serius dengan mengurangi penggunaan plastik dan menggantinya dengan barang-barang yang terbuat dari bahan yang lebih ramah lingkungan seperti Eco Bag, Tumblr, dan juga alat makan portable dari stainless steel.

***

Ya, itulah sedikit informasi mengenai Generasi MZ yang ingin aku sampaikan melalui postingan ini. Semoga postingan ini bermanfaat dan bisa mengenalkan kalian dengan apa itu Generasi MZ. Postingan ini juga memiliki versi video yang bisa kalian tonton di bawah ini~


Sampai berjumpa di postingan selanjutnya!

Greenshe Review