Berkelana #2 - Workshop Kreatif: Basic Design Thumbnail

Halo, hari ini aku ingin bercerita mengenai pengalamanku mengikuti acara Workshop Kreatif: Basic Design Thumbnail yang dilaksanakan bulan lalu, tepatnya tanggal 13 April 2019. Acara ini diadakan oleh Booktube ID, bekerja sama dengan Social Designee, dan di sponsori oleh Mizan Publishing dan Nomi Nomi Delight.


Sebenarnya sudah terlampau basi sih, kalau aku menceritakannya baru hari ini. Hanya saja, kedatangan paket buku dari Mizan Publishing beberapa hari yang lalu mengingatkanku akan acara ini. Dan rasanya, aku harus memasukkannya dalam blog, haha.

Awalnya mengikuti kegiatan ini hanya sekedar ikut-ikut saja karena di ajak teman, dan kebetulan waktuku sedang luang saat itu. Dan memang sebenarnya, aku ingin mencoba mereview buku melalui Youtube, hanya saja sampai saat ini, aku belum merasa bisa konsisten dalam membaca buku, mereview buku, apalagi berbicara di depan kamera. Blog, pun, tidak rutin aku update. Sehingga, untuk saat ini aku hanya bisa mengikuti kegiatan-kegiatan yang mungkin bisa menambah wawasan serta memotivasiku untuk lebih giat membaca dan mereview buku.

Untuk mengikuti acara ini, HTM yang dikeluarkan adalah sebesar Rp 50.000,-. Itu adalah biaya yang dikeluarkan untuk makan siang, karena keseluruhan acara ini benar-benar tersponsori dengan baik, sehingga aku merasa benar-benar worth it sudah mengikuti acara ini. Selain itu, setiap peserta juga diperbolehkan memilih satu buku yang disediakan dalam acara dan diberikan secara cuma-cuma oleh Mizan Publishing. Buku itu kemudian digunakan dalam materi acara. Adapun buku yang aku pilih adalah:




Yeap! Judul bukunya adalah PORTRAIT OF A LADY. Saat itu, aku benar-benar tidak memiliki ekspektasi apa-apa ketika memilih buku itu. Hanya berbekal "ah sepertinya pernah lihat judul ini" dan "bukunya tebal, mungkin mahal", hahaha. Yak, aku benar-benar mencari buku yang sekiranya memiliki harga yang cukup mahal, dan buku tersebut ternyata memiliki harga yang lumayan.

Sebelum memasuki acara, kami para peserta diberikan makan siang berupa Ramen yang sejujurnya enak banget (thanks Nomi Nomi Delight!). Dengan HTM 50.000 per orang tuh acara ini benar-benar worth it banget, loh!

Nah, ketika acara di mulai, panitia dan peserta melakukan sedikit game di awal perkenalan. Hal itu cukup menyenangkan. Mungkin akan lebih menyenangkan kalau peserta lain juga paham cara bermainnya, haha. Karena pada dasarnya, permainan itu seperti permainan jebakan.

Kemudian, memasuki materi, para pemberi materi menjelaskan mengenai pentingnya sebuah Thumbnail ketika kamu ingin membuat konten video di Youtube. Lalu, kami para peserta diajari cara membuat Thumbnail yang menarik dengan menggunakan aplikasi Adobe Illustrator bagi yang sudah menginstallnya di laptop masing-masing, dan website editing gratis Figma bagi yang belum memiliki Adobe Illustrator.

Kemudian, setelah para peserta membuat Thumbnail, para panitia akan memberikan review dan masukan mengenai Thumbnail yang masuk ke akun mereka. Dan 2 thumbnail yang terpilih sebagai thumbnail terbaik akan mendapatkan paket buku dari Mizan Publishing. DAN ALHAMDULILLAH I'M ONE OF THE WINNERS. Aku senang banget! Karena nggak nyangka akan menang. Terlebih aku masih merasa desain thumbnailku tuh masih biasa banget gitu. Berikut adalah thumbnail buatanku:



Aku berterimakasih banget karena para panitia memilihku! ❤

Omong-omong soal hadiah. Paket buku dari Mizan Publishing baru saja sampai rumah beberapa hari lalu. Awalnya, aku sedikit bingung ketika ayahku memberi tahu bahwa ada paket buku untukku, padahal aku tidak merasa sedang memesan buku. Lalu ketika aku melihat nama pengirimnya, barulah aku mengingatnya, bahwa paket tersebut adalah hadiah dari acara workshop ini. Paket tersebut berisi 3 buku, yakni:

1) The Fates Divide, karya Veronica Roth.
2) The Kite Runner, karya Khaled Hosseini.
3) Kontroversi Vaksin, karya Dr. Piprim B. Yanuarso, Sp.A.(K).

Aku belum sempat memfoto bukunya. Mungkin kalau sudah aku foto, akan aku upload di instagram. Jadi, kalian yang penasaran bisa cek instagramku, ya. Thank you and see you next time!

Greenshe Review