Kamu Terlalu Banyak Bercanda (KTBB) by Marchella FP - Book Review

Cr. Greenshe Reviews

Kamu Terlalu Banyak Bercanda by Marchella F
P


My rating: 4 of 5 stars
✰✰✰✰

Jum'at, 28 Juni 2019, kurang lebih jam 8 malam, pembayaranku terkonfirmasi oleh Blibli.com. Sejujurnya, hari itu adalah pembelian pertamaku menggunakan aplikasi online shop ini. Semerta-merta menggunakan aplikasi tersebut karena ada promo Go-Pay dengan potongan harga sebesar sepuluh ribu, dan gratis ongkos kirim, hingga akhirnya aku memutuskan untuk membeli buku ini, sequel dari buku Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini yang sudah aku post reviewnya beberapa minggu lalu. Yang belum cek, bisa berkunjung lewat sini.

Sabtu, 29 Juni 2019, kurang lebih jam 2 siang, buku ini sudah aku terima dengan sangat mulus. Sungguh mengesankan untuk pengalaman pertama berbelanja di Blibli. Oh! Aku ingin meluruskan kalau ini bukan iklan, hanya sedikit opini dan share pengalaman berbelanjaku, haha.

Seperti pendahulunya, yakni NKCTHI, buku Kamu Terlalu Banyak Bercanda (KTBB) ini juga memperoleh hype dan antusiasme yang sangat tinggi dari para pembaca. Dan antusiasme tersebut membuatku ikut penasaran. Alhasil, aku menunggu momen yang pas untuk membeli buku ini.

Setelah paket buku ini sampai di rumah, aku langsung membuka dan membacanya. Lalu, kurang lebih jam 5 sore, buku ini telah habis ku babat. Dan... ha.... aku jatuh hati.

PENUH MAKNA

Lebih banyak kata, lebih banyak makna. Seperti yang sudah diberitahu oleh sang penulis, bahwa buku ini mengungkapkan gelap dari terangnya karakter Awan di buku Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. Tetapi sejujurnya, aku merasa bahwa buku ini lebih relatable untukku, seorang manusia yang memiliki sisi gelap.

Dibandingkan dengan buku sebelumnya, aku lebih merasa dekat dengan karakter Awan di buku ini. Lebih manusia. Lebih banyak halaman dengan kalimat-kalimat penuh makna yang membuatku tercekat, menahan napas, dan bercermin. Walaupun aku bisa mengatakan bahwa buku ini penuh makna, tetapi setiap orang pasti memaknai isinya dengan cara yang berbeda-beda, karena setiap manusia memiliki lembaran hidup yang berbeda.

WARNA

Pemilihan warna dark blue sebagai warna dasar, membuat buku ini cocok diletakan berdampingan dengan cover pertama buku NKCTHI. Marchella FP sudah menerbitkan buku NKCTHI dengan dua cover baru, yakni Siang Edition dan Sore Edition. Aku tidak tahu apakah KTBB juga akan mengubah cover-nya di cetakan ke-sekian atau hanya menggunakan satu cover saja.

Perpaduan dark blue, putih, dan oranye membuat buku KTBB beserta animasinya juga tidak kalah syahdu dengan buku NKCTHI. Walaupun ada beberapa halaman dengan background/animasi yang gelap, tetapi tulisannya juga gelap sehingga harus berkonsentrasi lebih untuk membacanya, buku ini masih bisa dibaca dengan baik.

Pokoknya, buku ini TOP deh. Dengan bonus stiker lucu dan kirimin surat dari Awan, buku ini sangat unik dan menarik.

Kabarnya, Marchella FP juga sedang menggarap buku ke-tiga dengan judul Pura Pura Bukan Manusia. Aku tidak sabar ingin buku ini cepat-cepat menampakkan diri. Walaupun genre buku semacam ini belum menjadi favoritku, tetapi akhir-akhir ini buku dengan genre fiction animation ini menjadi penyemangatku dalam membaca ketika aku mulai bosan dengan cerita fiksi yang sedang aku baca.

Greenshe Review