Extraordinary You (2019) - Drama Review

Second-lead syndrome? Siap-siap terjangkit third-lead syndrome.
Bahkan bisa jadi fourth-lead syndrome.

Extraordinary You / 어쩌다 발견한 하루

Judul: Extraordinary You / 어쩌다 발견한 하루
Episode: 32 episode (4 episode per minggu, 30 menit per episode)
Direktor: Kim Sang-Hyub
Penulis: Moo-Ryo (webcomic), In Ji-Hye, Song Ha-Young

Syabang-syabang ~
Ya halo, disini Greenshe. Happy Sunday dan selamat bersantai! Akhirnya kita memasuki bulan November, yeay!

Dalam post pertamaku di bulan November ini, aku akan merekomendasikan drama Extraordinary You yang masih on-going di Korea Selatan.

Drama ini menceritakan tentang Eun Dan-O, seorang siswi dari sekolah yang ternama. Walaupun lahir di keluarga yang kaya raya, Eun Dan-O memiliki penyakit jantung / heart disease. Setelah menjalani operasi, Eun Dan-O merasakan gejala-gejala aneh, seolah dirinya hilang ingatan, bahkan ia berpikir bisa berteleportasi dari satu waktu ke waktu lainnya. Tidak ada orang di sekitarnya yang mempercayai keluhan Eun Dan-O, hingga akhirnya ia memutuskan untuk mencari tahu sendiri alasan gejala aneh tersebut muncul.

Ketika mencari tahu, ia bertemu dengan Jinmiche, seseorang yang bekerja di kafetaria sekolah. Entah bagaimana, sosok misterius ini memegang jawaban dari apa yang sedang dicari-cari oleh Eun Dan-O. Jinmiche mengatakan bahwa Eun Dan-O sebenarnya adalah karakter dalam komik berjudul "Secret", begitupun semua yang ada di dunia yang ditinggali oleh Eun Dan-O.

Bagaimana reaksi Eun Dan-O? Awalnya ia tidak mempercayainya, tetapi melihat dari kehidupannya sebagai anak perempuan kaya, cantik, lemah, dan baik hati, semakin meyakinkannya bahwa ia adalah pemeran utama. Dengan keyakinan tersebut, ia perlahan menerima kehidupannya sebagai pemeran utama yang dikelilingi oleh siswa-siswa tampan. Tapi ternyata, dirinya sebenarnya hanyalah karakter extra, seperti karakter sahabat si pemeran utama dalam drama-drama.

Eun Dan-O tidak terima dengan karakternya yang ia rasa semakin lemah dan tidak bahagia, seperti sakit jantung yang dideritanya, disakiti terus menerus oleh tunangan yang tidak pernah mencintainya (padahal ganteng banget), dan menjadi pemeran sampingan. Kemudian, ia bertekad untuk mengubah ceritanya dengan mencari laki-laki misterius yang mampu membuat hatinya bergetar.

☁☁☁
Konsep fantasi yang menceritakan tentang karakter webtoon yang menyadari dirinya adalah karakter webtoon, langsung mengingatkanku dengan drama W: Two Worlds. Tetapi ketika kalian menontonnya, tentu akan berbeda dalam beberapa aspek. Mungkin ada juga yang menganggap cerita ini mirip BBF yang dipenuhi oleh flower boys. Tetapi ketika menontonnya, semua itu akan sirna. 

Drama ini di adaptasi dari webtoon dengan judul serupa. Aku belum pernah membaca webtoon-nya, tetapi menonton dramanya adalah hal yang benar-benar menyenangkan. Walau aku sedikit kesal karena drama ini dipenuhi oleh flower boys yang membuatku dilema berkepanjangan.

I was like, 
"Eun Dan-O sama Baek Kyung aja, biar so sweet akhirnya, ceritanya Baek Kyung (tunangannya) berubah jadi baik gitu,"
"Eun Dan-O sama Haru aja deh, kasian kalau Haru-nya menghilang, luntang-lantung nggak jelas,"
"Ya ampun Lee Do-Hwa sama Eun Dan-O lucu bangettt, bisa nggak sih mereka bareng aja? Kasian Dohwa tersakiti terus sama Joo Da,"
Yap, aku ingin karakter-karakter di atas bahagia, walaupun itu mustahil, karena karakter ceweknya terbatas, hiks. Inilah kenapa aku agak tidak suka ketika satu drama dipenuhi flower boys. Selain karena wajah tampan para aktornya, sepertinya karakter-karakter mereka juga memiliki cerita yang membuatku iba. Seperti cerita Baek Kyung dengan keluarganya, Haru dengan identitasnya, dan Dohwa dengan perannya.

Drama ini belum tamat, baru ada 16 episode (30 minutes each) ketika aku menulis review ini. Masih banyak sekali twist yang mungkin akan muncul di episode-episode selanjutnya. Tetapi menurutku drama ini rekomen sekali, dan berhubung genrenya adalah romance yang sepertinya ringan, aku menaruh harapan bahwa endingnya bisa dibikin lebih masuk akal dibandingkan W: Two Worlds, dan semoga setiap rahasia, kejutan, dan twistnya terungkap dengan sangat baik, sehingga ceritanya akan terus mengesankan sampai akhir.

Acting para aktornya sangat baik, kok. Karakter Eun Dan-O dan Lee Do-Hwa sangat ekspresif untuk karakter webtoon, jadi menurutku menghibur sekali. Karakter Eun Dan-O ini diperankan oleh Kim Hye Yoon, kalau kalian pernah mendengar drama Sky Castle, aktris ini adalah aktris jebolan drama yang sempat terkenal di masanya. Kalau kalian mengikuti variety show Korea, Running Man, aktris ini juga pernah jadi bintang tamu di salah satu episodenya.

Sedangkan karakter Haru yang diperankan oleh Ro Woon belum begitu menampakkan beragam ekspresi, tetapi aku tetap menanti-nanti perkembangan karakter utama laki-laki yang satu ini. Identitasnya yang disinyalir berasal dari komik sebelah yang berjudul "Flower" juga membuatku penasaran. Bagaimana caranya bisa pindah ke komik sebelah? Apa yang terjadi di komik sebelah? Siapa dia sebenarnya?

Selain itu, karakter Baek Kyung tuh keren gitu. Mungkin bisa dibilang dia memiliki sisi tsundere, tetapi alur cerita yang memakai dua kondisi waktu yakni kondisi dalam webtoon dan tidak, jadi karakter Baek Kyung masih membingungkan. Apakah dia benar-benar akan menjadi karakter antagonis? Atau dia adalah karakter yang baik hati?

Seberapa besar aku merekomendasikan drama ini?

Overall Review

✩✩✩✩
Aku beri 4 bintang untuk drama ini.

Karena dalam 16 episode pertama drama ini mampu membuatku penasaran dan jatuh hati dengan segala konsep, twist, dan aktor serta aktris dalam drama ini. Drama ini bagus banget untuk ditonton sebagai hiburan. Walau konsep fantasinya memang agak sedikit rumit, sehingga butuh konsentrasi yang cukup oke, tetapi genre romance nya tidak menye-menye. Selain itu ceritanya juga tidak lebih berat dari drama-drama bergenre crime. Jadi, untuk selingan, sepertinya menyenangkan, kok.

Oh! Mudah-mudahan, kalau dramanya sudah tamat, aku ingin menambahkan sedikit review di postingan ini jika memang ada kesan dan pesan yang berubah. Jadi, stay tuned!

+ tambahan +

Oke, aku sudah menonton drama ini sampai tamat dan aku sangat suka. Drama ini nggak memberikan ending yang saklek seperti happily ever after nya para puteri Disney. Haru dan Dan Oh akan terus berjuang menjalani dua kehidupan dalam shadow dan stage di setiap cerita/dunia yang penulis komiknya buat. Selain itu, aku sangat suka dengan keputusan Yeo Ju Da untuk memilih Oh Nam Ju. DAN TENTU SAJA BAEK KYUNG! Baek Kyung berubah dan melakukan hal yang membuatku semakin terjerat 2nd lead syndrome. Sing penting bersyukur dan memanfaatkan waktu yang dimiliki dengan semaksimal mungkin.

Greenshe Review