Crash Landing On You (2019) - Drama Review

Ini dia drama terbaru dari penulis drama My Love From The Star 
dan The Legend of The Blue Sea.
BEWARE! SPOILERS AHEAD!

Crash Landing On You
Judul: Crash Landing On You / 사랑이 불시착
Episode: 16 episode
Pemeran: Son Ye-Jin, Hyun-Bin, Seo Ji-Hye, Kim Jung-Hyun, dll.
Direktor: Lee Jung-Hyo
Penulis: Park Ji-Eun

Sinopsis

       Yoon Se-Ri (Son Ye-Jin) adalah anak konglomerat di Korea Selatan. Suatu hari, ketika ia sedang paragliding, ada sebuah kecelakaan yang disebabkan oleh angin kencang yang membuat Se-Ri mendarat di Korea Utara. Di sana, Se-Ri bertemu Ri Jeong-Hyeok (Hyun-Bin), seorang perwira militer Korea Utara. Ri Jeong-Hyeok yang berusaha melindungi dan menyembunyikan keberadaan Se-Ri di Korea Utara, kemudian jatuh cinta pada Se-Ri.

Review

     Saat pertama kali membaca sinopsisnya, aku berpikir bahwa drama ini bakalan penuh baku tembak, karena ini tentang Utara dan Selatan gitu. Tapi, konsep kisah cinta antara orang Utara dan Selatan disini membuatku juga penasaran mengenai how can they handle all the problems yang muncul karena hubungan mereka.

     I really appreciate si penulis yang ngambil genre romance antara Utara dan Selatan, karena ... idenya daebak, fresh dan bikin penasaran. Terlebih drama seperti ini butuh survei yang mendalam, seperti penggambaran unsur-unsur Korea Utaranya.

PLOT

       Pada dasarnya, plotnya cliche tentang kisah cinta dua anak konglomerat yang.. kalau kalian sering menonton drama, pasti sudah merasa kalau 'kekayaan' dua anak orang kaya itu akan mempermudah perjalanan cinta mereka. Jadi, aku sudah tidak begitu penasaran apakah akhirnya akan bahagia atau tidak. Tetapi, aku lebih penasaran mengenai penggambaran Korea Utara dan apa yang akan dilalui Se-Ri selama ia tinggal di Korea Utara.

     Sejujurnya, ketika Se-Ri berada di Korea Utara untuk banyak episode, mungkin setengah drama(?), hal itu membuatku gregetan. Pasalnya, aku juga ingin Se-Ri cepat kembali ke Selatan bersama pangerannya dan para teman pangerannya, sehingga ia bisa memanfaatkan kekayaannya untuk membalas kebaikan pangeran dan kawan-kawannya. Dan ketika mereka semua berada di Korea Selatan..... IT'S FREAKING FUNNY!!! HAHAHA.


       Awalnya ku kira drama ini akan ya.. semacam drama blockbuster yang agak dark terus dramatic karena kalau membawa Utara dan Selatan, pasti ada unsur politik-politikan di dalamnya. Tapi nope baby nope. It's so funny! Problem politik yang ada di drama tidak sampai ke kelas presiden, sehingga ya... politiknya nggak begitu ikut campur lah. 

     Drama ini cenderung drama yang ringan dan nggak membutuhkan tenaga lebih untuk berpikir. Kisah pasangan utamanya agak cliche tapi tetap menghibur. Sedangkan kisah pasangan keduanya... ya... gimana ya... manis dan lucu, serta seperti Romeo dan Juliet. 

       Ketika banyak penonton yang merasa kecewa dengan akhir kisah cinta 2nd couple di drama ini, aku cenderung tidak kaget. Karena 2nd couple itu lebih memungkinkan untuk tidak memiliki akhir yang bahagia. Karena kebanyakan penulis drama atau pun buku, akan memberikan akhir yang bahagia untuk pemeran utama, sedangkan pemeran kedua... ya begitulah, lebih dramatic.

   Overall, plotnya cenderung tidak begitu mengejutkan. Seri terjebak di Utara, di tolongin Jeonghyeok yang ternyata pernah bertemu dengannya di Swiss, lalu jatuh cinta, Seri kembali ke Selatan, lalu Jeonghyeok pergi ke Selatan karena buronan Utara kabur ke Selatan, lalu ada baku tembak di Selatan, lalu mereka akhirnya kembali ke negara masing-masing, dan akhirnya mereka berpacaran di basecamp mereka di Swiss.

CHARACTER

   Walaupun plotnya mudah tertebak, tapi karakter-karakter yang ada di drama ini lah yang membuatku betah menontonnya. Terlebih karakter kawan satu tim Ri Jeong Hyeok, yakni Pyo Chi Su, Park Kwang Beom, Kim Ju-Meok, Tang Joon-Sang, dan Jung Man-Bok. Mereka benar-benar memvisualisasikan karakter mereka yang loyal dengan sangat baik. Tingkah-tingkah lucu mereka selama di Utara dan Selatan tuh menghibur banget, wkwk. 
       Selain itu, aku suka karakter Se-Ri dan Seo-Dan yang independen woman banget. Lalu, emosi Se-Ri ketika berlari ke Jeonghyeok pas Jeonghyeok ingin kembali ke Utara, itu sebenarnya menyentuh banget, sebelum akhirnya adegan sweet itu dijadikan meme oleh penggemar Indonesia, haha. Dan emosi Seo-Dan ketika kehilangan Gu Seung-Jun itu juga cukup bikin hati... ugh! sad. Karakter Seo-Dan ini benar-benar tahan banting banget.
      Dan aku takkan melupakan ibu-ibu rumah tangga di kompleknya Ri Jeong Hyeok. Awalnya mereka digambarkan sebagai perkumpulan ibu-ibu komplek yang mengintimidasi gitu. Tetapi ternyata mereka juga menunjukkan perkembangan hubungan antar warga yang sangat menyejukkan hati.
      OH! CAMEO! HAHA! Rasanya aku masih bisa tertawa setiap kali mengingat Kim Soo Hyun yang muncul jadi cameo di drama ini. Awalnya tuh aku berpikir ia akan memerankan sebuah karakter baru, atau mungkin dia bisa saja kembali menjadi alien tampan Do Min Joon, pasalnya penulis drama ini adalah penulis drama Man From The Star. Tapi, ternyata Kim Soo Hyun memerankan karakternya yang ada di film Secretly Greatly, yakni seorang mata-mata Korea Utara yang tinggal di Korea Selatan. Aku cukup terkejut, karena jujur aku lupa kalau Kim Soo Hyun pernah berakting jadi spy Korea Utara, haha.

SETTING

     Aku menyukai hampir semua ide yang ada di drama ini. Walau ada beberapa yang terasa cliche seperti konsepsi fate atau takdir di antara Se-Ri dan Jeong-hyeok yang sudah pernah bertemu di Swiss, aku menyukai setting penataan per adegan dalam drama ini, jadi terkesan sweet banget.
       Sedangkan setting lokasinya, walaupun fiksional, aku menyukai penggambaran komplek kecil di Korea Utara. Semua itu terkesan tradisional dan kekeluargaan seperti apa yang digambarkan di drama Reply 1988, ketika tetangga saling mengenal dan saling berkomunikasi.

OST

    Aku tidak memiliki lagu favorit yang spesifik di drama ini. Selama aku masih enjoy dengan dramanya, maka aku tidak akan mempermasalahkan soundtracknya. Selain itu, aku tahu pengisi soundtrack di drama ini tuh punya nama-nama yang bagus, jadi bagi siapapun yang memintaku untuk memilih satu lagu favorit, how could you! wkwk. Tapi di luar penyanyi-penyanyi terkenal yang mengisi original soundtrack untuk drama ini, lagunya memang bagus-bagus dan mendukung jalannya cerita dengan sangat baik.

Overall Review

✰✰✰✰
4 bintang untuk drama ini. Ide dan konsep cerita tentang Utara dan Selatannya fresh, tetapi untuk cerita romansanya, bagiku secara keseluruhan, belum meninggalkan kesan yang mendalam dan berbeda dari yang lain.

Drama ini rekomen untuk kamu-kamu yang suka drama romance yang bertabur bintang. Drama ini juga rekomen untuk kamu yang suka soundtrack drama yang mellow dan enak banget buat didengerin dan dinyanyiin.

Greenshe Review