Thoughts #7 - Where To Find The Fantastic Books / Toko Buku

Hello and welcome back to Greenshe Reviews!

Tak terasa sudah bulan Maret. Rasanya baru kemarin kita merayakan tahun baru 2020. Waktu kini terasa begitu cepat, dan aku belum meng-update konten di blog ini, ha-ha.

Sesuai dengan judul di atas, konten pertama di tahun 2020 yang ingin aku hempaskan dalam blog ini adalah Where To Find The Fantastic Books atau dimana buku-buku fantastis bisa ditemukan.

Sebenarnya post kali ini adalah rekapitulasi sekaligus rekomendasi beberapa toko buku yang mostly online store, tapi ada juga book sale dan offline store yang aku kunjungi/belanjai ketika tahun 2019. Sehubung pada tahun 2019 aku cukup aktif mengeluarkan secercah rejeki untuk membeli buku, dan aku cukup aktif membaca juga.

Ada beberapa toko buku yang pernah aku singgahi, entah untuk melihat-lihat, mau pun membeli. Tapi, biasanya ujung-ujung ada juga yang dibeli, sih. Walau terkadang juga keluar dengan tangan hampa. So, ini dia 8 di antaranya!

1. Gramedia.com

Siapa yang nggak tahu Gramedia? Selain memiliki offline store, toko buku terbesar di Indonesia ini juga melayani pembelian secara online di website resminya. Gramedia menyediakan berbagai genre buku, baik yang lokal berbahasa Indonesia dan buku impor yang berbahasa Inggris, koleksinya cukup banyak.

Sudah tiga kali aku membeli buku melalui Gramedia.com, dan ketiga kali itu pula kondisi buku yang dikirim bagus-bagus. Packagingnya juga cukup baik, dibungkus dengan bungkusan berwarna cokelat, dan diberi bubble wrap di dalamnya. Packagingnya sudah cukup aman untuk kamu yang memesan buku hardcover. Jadi, nggak perlu takut penyok-penyok selama masa pengiriman berlangsung.

Lalu, perihal waktu pengiriman, mungkin tergantung dari situasi dan kondisi dari banyaknya pelanggan yang memesan. Kalau sedang banyak yang order, misalnya seperti diskon besar harbolnas, biasanya agak lama pengirimannya, bisa sampai 3-4 hari, bahkan lebih. Tetapi, dua paket buku terakhir yang baru ku sadari dipesan tanggal 12 April & 12 Mei 2019, langsung sampai di rumah keesokan harinya, yakni 13 April & 13 Mei 2019. Mungkin hal pengiriman ini juga tergantung dari seberapa jauh lokasi kamu dengan pusat kali, ya? Berhubung lokasiku dan Gramedia Matraman tidak begitu jauh, mungkin itu bisa menjadi salah satu faktor cepat sampainya.

2. Periplus.com

Selain Gramedia, Periplus merupakan toko buku (baik offline dan online) yang menyediakan buku-buku impor. Toko buku ini cocok untuk kamu yang senang membaca buku-buku impor berbahasa Inggris dengan harga yang lebih rendah dari yang ditawarkan Gramedia. Ya, harganya cenderung lebih murah, mungkin berbeda 10-20ribuan. Jadi, biasanya aku prefer beli disini untuk buku-buku impor, kecuali kalau di Periplus tidak ada buku yang dicari, baru lah Gramedia menjadi pilihanku. Packagingnya super dope. Kerdus gitu, jadi sepertinya aman banget, dan ketika sampai tuh kesannya kayak habis memesan Pizza.

Sampai sekarang belum pernah, sih, mengalami pengalaman tidak enak selama memesan di Periplus. Waktu pengiriman biasanya 3-7 hari kerja untuk buku yang ready di toko, tetapi kalau buku yang kamu beli tidak ready di toko, biasanya akan berjangka sekitar 10-20 hari. Memang harus sabar, sih. Tapi top kok.

3. Blibli.com

Sejujurnya aku tidak begitu sering berbelanja lewat e-commerce Blibli ini, entah mengapa lebih nyaman dengan yang lain, haha. Tetapi, di tahun 2019, aku menantikan seri kedua buku Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini, yakni Kamu Terlalu Banyak Bercanda. Kebetulan penjualan online yang official dilakukan si penulis dan penerbit di Blibli, jadilah aku membelinya di Blibli.

4. Big Bad Wolf

Bazaar buku terbesar di Indonesia yang memberikan harga diskon 60-80%. Siapa penimbun buku yang tidak tertarik? Tahun 2019 menjadi tahun pertamaku mengunjungi Big Bad Wolf yang biasa disingkat BBW. Buku-buku yang dijual benar-benar beragam dan menarik. Sebagian besar buku-bukunya adalah buku impor yang berbahasa Inggris, tetapi ada pula buku-buku lokal Indonesia yang dijual dengan harga miring. 

5. Shopee & Tokopedia

Di tahun 2019, aku juga berbelanja buku melalui Shopee dan Tokopedia. Pasalnya, saat itu banyak promo menarik seperti diskon dan cashback. TAPI, kehati-hatian sangat diperlukan ketika memilih toko yang menjual buku yang ingin kita beli. Karena ada beberapa toko yang malah menjual buku palsu yang tidak orijinal, dan bahkan terkadang memiliki tampilan yang sama persis dengan yang aslinya.

Oleh karena itu, aku lebih sering membeli buku di akun toko buku serta penerbit buku official seperti Gramedia, Owl Book Store, Penerbit Haru, dan lainnya. Jadi sudah terjamin orisinalitasnya. 

6. Instagram / Bookstagrammer

Aku juga sering membeli buku di Instagram. Tetapi tentu saja menggunakan kiatan yang sama seperti berbelanja buku di Shopee dan Tokopedia, karena banyak akun akun jualan palsu yang bisa menipu kita, entah ternyata buku yang dikirim tidak orijinal, atau bahkan bisa sama sekali tidak dikirim.

Upayaku dalam menghindari kejadian seperti itu, aku hanya membeli dari akun-akun yang aku kenal. Karena biasanya akun-akun bookstagrammer yang aku follow sering melakukan unhaul buku-buku koleksi pribadi mereka, ada yang membuka jasa titip a.k.a jastip, dan ada yang merekomendasikan akun instagram yang menjual buku dan terpercaya. Sehingga, insyaallah aman. Setidaknya kita sudah berusaha ^^.

7. Books & Beyond

Sama seperti Periplus, Books & Beyond adalah toko buku yang menjual buku-buku impor baik offline maupun online. Aku belum pernah memesan online buku di Books & Beyond, tetapi aku pernah mengunjungi salah satu store nya di Tangerang, dan kebetulan sedang ada diskon untuk beberapa buku. Kupikir aku akan keluar dengan tangan hampa karena judul-judul yang berdiskon tidak begitu menarik minatku dan kebanyakan buku anak, tetapi buku Geekerella tersemat di antara judul-judul tak menarik itu, sehingga aku membelinya. Koleksi buku di Books & Beyond cukup banyak dan lengkap. Tetapi harganya cenderung lebih mahal dari Periplus. Tapi sekalinya murah, dia bisa memberikan harga lebih murah dari toko buku lain.

8. Kinokuniya

Kinokuniya juga merupakan toko buku di Indonesia yang menjual buku-buku impor berbahasa Inggris dan berbahasa Jepang. Sebenarnya aku belum pernah membeli buku di Kinokuniya, tetapi saat itu aku hendak berkeliling mencari Funko Pop, dan akhirnya aku mengunjungi Kinokuniya Grand Indonesia dan Plaza Senayan.

Sembari mencari funko pop, aku juga berkeliling melihat buku-buku yang dijual di Kinokuniya, dan sempat berkeinginan untuk memiliki novel your name. karya Makoto Shinkai, tetapi aku urungkan keinginanku itu karena prioritas, haha. Koleksi buku impor yang berbahasa Inggris banyaaaak sekali. Judul-judul yang sedang populer di kalangan bookstagram juga ada. Ketika berada di Kinokuniya, godaannya begitu berat untuk pecinta buku.

← Well →

Itulah 8 toko buku yang aku kunjungi untuk membeli buku maupun hanya sekedar lihat-lihat. Post ini diketik dalam tempo yang se-singkat-singkatnya, sehingga mungkin banyak kekurangan dari berbagai aspek, bahkan.... aspek kebermanfaatan, haha. Tapi kalau saja post ini memberikan manfaat pada kalian para pembaca, walau hanya secuil, aku sangat berterimakasih.

Sampai bertemu di post berikutnya!

Regards,


Greenshe Review