Social Distancing: Things I Do While Staying At Home

cr. Greenshe Reviews

Terhitung sampai Maret 2020, pandemi COVID-19 atau virus Corona yang ditemukan tahun 2019 sedang menjadi hot issue di banyak negara. Dalam upaya mencegah terjadinya lonjakan pasien yang positif terjangkit virus Corona atau COVID-19, masyarakat di banyak negara melakukan yang namanya Social Distancing

Apa sih Social Distancing? Secara harfiah, kalimat berbahasa Inggris itu memiliki arti sosial (social) dan jarak (distance). Secara umum, Social Distancing dipahami sebagai upaya menjaga jarak dengan orang lain dengan tidak melakukan kegiatan sosial seperti berkumpul secara langsung. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya kontak langsung yang dikatakan sebagai salah satu media untuk virus tersebut menyebar.

Social Distancing dilakukan dengan meminimalisir kegiatan di luar dan memprioritaskan untuk melakukannya di rumah. Intinya dihimbau untuk tidak keluar rumah. Sekolah dan perkantoran juga dihimbau dilakukan secara online.

Selama di rumah, apa yang biasa kalian lakukan? Pertanyaan ini selalu muncul di benakku setiap kali merasa bosan. Ingin tahu, apa saja yang orang lain lakukan di rumah di saat-saat begini, apakah sama seperti yang aku lakukan? Atau ada hal baru lainnya yang menarik untuk ku coba praktikan?

Post ini aku ketik sekedar mengisi kebosanan di saat social distancing ini. Hanya ingin memberikan beberapa contoh kegiatan yang aku lakukan selama social distancing

Ada pun beberapa kegiatan yang aku lakukan selama di rumah adalah:

1. Menonton Drama/ Film

Sejak tahun 2010, aku mulai mengikuti perkembangan drama Korea. Sedangkan dunia perfilman baru aku ikuti beberapa tahun setelahnya. Jadi, bisa dikatakan kegiatan menonton ini sudah lama aku lakukan, sehingga ketika diharuskan menetap di rumah, aku akan menonton drama satu episode untuk yang masih on-going, atau binge watching untuk drama yang sudah tamat kalau itu pun seru.

2. Membaca Buku

Ketika drama yang ditonton sudah habis, atau bersambung, biasanya aku akan kabur ke buku novel yang menumpuk di rak bukuku. Seolah mencari plot-plot baru dengan media yang berbeda, padahal sekedar berusaha menghabiskan tumpukan to-be-read ku sebanyak mungkin, haha.

3. Merajut

Bukan merajut cinta, haha. Tetapi, belajar membuat karya rajutan dari benang-benang wol yang ada di rumahku. Sebelum pandemi ini terjadi, aku pernah tertarik dengan kegiatan merajut, sehingga aku memiliki beberapa benang yang tersisa dan bisa dipakai untuk membuat hal-hal yang entah kegunaannya apa, haha.

4. Blogg-ing / Wattpad-ing

Ketika bosan melakukan kegiatan-kegiatan di atas, aku akan berlari ke blog atau ke wattpad, menulis review drama, review buku, dan atau menuliskan ide-ide cerita yang tiba-tiba muncul di kepala. Walau tidak semua tulisanku akan aku publish karena masih belum melewati tahap edit, tapi kegiatan ini bisa menjadi salah satu pengisi kebosanan dalam hariku.

5. Beres-Beres

Entah itu beres-beres lemari baju, rak buku, meja belajar, laci make-up, kotak benang, bahkan sekedar re-unboxing album-album kpop yang aku miliki tuh bisa membuat diri tak jadi bosan, haha.

***

Itu lah 5 hal yang aku lakukan selama ada di rumah. Sebenarnya masih banyak kegiatan yang mungkin bisa aku masukkan, tetapi, itu akan membutuhkan waktu yang lama, haha. Bagaimana dengan kalian? Apa yang kalian lakukan selama social distancing di rumah?

Greenshe Review