My Ambulance (2019) - Drama Review

Bosan? Bingung mau nonton drama apa lagi?
Mencari drama yang menghibur dengan perkembangan karakter yang sangat baik?
MY AMBULANCE IS A MUST!!!

My Ambulance
Sumber: My Drama List
Judul: My Ambulance (2019)
Episode: 16 episode
Pemeran: Sunny Suwanmenthanont, Mai Davika, Sky Wongravee, Thanaerng Kanyawee, Bank Thiti
Direktor: Naruebet Kuno
Genre: Fantasy, Romance, Comedy

Sinopsis

Peng (Sunny Suwanmethanont) adalah dokter di Unit Gawat Darurat sebuah rumah sakit. Ia dan Thantawan (Mai Davika) sudah berpacaran selama 15 tahun. Di antara mereka berdua, ada kekuatan magis yang memungkinkan Peng untuk langsung pergi menemui Thantawan di mana pun dia berada setiap kali Thantawan memanggil Peng. Suatu hari, mereka mengalami kecelakaan lalu lintas, membuat Thantawan terluka serius dan kehilangan memorinya mengenai kecelakaan tersebut.

Melalui kecelakaan tersebut, Thantawan jadi mengenal dokter muda yang masih magang, bernama Chalam (Sky Wongravee). Kehadiran Chalam membuat Thantawan merasakan perasaan yang dulu pernah dirasakannya terhadap Peng. Ketika kekuatan magis antara Thantawan dan Peng mulai melemah, Chalam mulai memiliki kekuatan magis tersebut, membuat Thantawan bingung.

Review

Awalnya aku tidak berminat dengan drama ini, bahkan tahu pun tidak. Tetapi suatu hari, temanku update instagram story mengenai lagu yang digunakan jadi soundtrack drama ini, judulnya Love Siren. Jika kalian pernah menonton drama Thailand berjudul Hormones, mungkin kalian tahu siapa yang menyanyikan soundtrack tersebut.

Setelah mendengarkan lagu tersebut dan menonton music videonya, aku jadi menyukai lagu tersebut, dan akhirnya tahu bahwa itu adalah soundtrack drama ini. Mulailah aku mencari tahu siapa saja yang bermain di drama ini. Kalau kalian pernah menonton film Thailand Fine Thank You Love You, kalian mungkin familiar dengan aktor pemeran Peng. Sedangkan pemeran Thantawan, pernah bermain di film Thailand, Pee Mak bersama Mario Maurer.

Karena familiar dengan aktornya, dan lagunya juga enak, akhirnya aku menontonnya. Dan well.... THIS IS SO GOOD!

PLOT

Genrenya adalah fantasi, romance, dan komedi. Sebelum mengetahui genre drama ini, aku mengira drama ini adalah drama percintaan biasa dengan bumbu fantasi kekuatan magis gitu, di tambah lagi dengan hal-hal yang komedi banget di awal-awal, tipikal komedi film-film Thailand gitu. 

TAPI! TAPI GUYS! From something that i thought was idiot dan lebay, ternyata drama ini memiliki perkembangan cerita yang sangat bagus. Duh, i can't really explain it, tapi hubungan Peng dan Thantawan sudah berjalan selama 15 tahun, jadi ketika mereka menghadapi permasalahan yang serius dalam drama ini, keputusan yang mereka ambil tuh benar-benar digodok dengan baik, membuat penonton, especially me and my sister, berpikir bahwa ya memang tidak ada yang benar-benar salah dalam drama ini. Jadi apapun ending yang diberikan drama ini, membuatku dan adikku merasa oke. Plotnya benar-benar well prepared banget. Banyak adegan yang akan membuat perasaan kalian seperti roller-coaster.

CHARACTER

AKU sangat menyukai semua karakter dalam drama ini. Semua aktornya mampu memvisualisasikan perasaan masing-masing karakternya dengan sempurna. Awalnya aku merasa ada beberapa karakter yang a bit awkward. Tapi kemudian aku berpikir mungkin memang karakternya dikemas seperti itu, sehingga perkembangan emosional setiap karakter tuh on point banget di episode selanjutnya.

Kalau ditanya siapa karakter favoritku, tentu saja karakter Peng, Thantawan, Chalam, dan Thai  (Bank Thiti) adalah favoritku. Alasannya karena mereka adalah karakter-karakter penting yang lebih memiliki banyak time screen sehingga karakternya bisa dikembangkan dengan sedemikian rupa. Peng yang berusaha melakukan yang terbaik untuk hubungannya, Thantawan yang berusaha meneguhkan pilihannya, Chalam yang berusaha menipu perasaannya sendiri, dan Thai yang berusaha menerima kenyataan.

Plot yang sangat baik, didukung dengan acting para aktor yang sangat mumpuni bisa membuat drama ini UGH! menyentuh gitu.

SETTING

Pertama, walaupun drama ini bergenre fantasi, aku senang karena mereka membuat kekuatan magisnya terkesan simpel dan tidak berlebihan dan tidak kurang juga. Editan yang digunakan ketika Chalam dan Peng berjalan menembus tembok itu terkesan simpel, tapi manis dan gak aneh. Aku suka karena ceritanya tidak begitu menonjolkan fantasinya secara berlebihan dan fokus pada perkembangan emosional karakternya.

Kedua, drama ini berlatar belakang bidang kedokteran, tapi karena fokus cerita adalah Thantawan, jadi lokasi cenderung berpindah-pindah. Dan it's kinda nice untuk pemasaran beberapa lokasi di Thailand, seperti kota Chiangmai yang sepertinya menyenangkan untuk dikungjungi.

OST

I really love the soundtracks. Berhubung aku mengenal drama ini dari soundtracknya yang berjudul Love Siren, jadi aku sangat menyukai ketika lagu ini diputar. Selain itu, para aktor juga ikut berpartisipasi dalam mengisi soundtrack, dan beberapa soundtrack ada yang ditempatkan sebagai backsound adegan yang sangat menyentuh, jadi tentu saja aku jatuh hati, terutama dengan ost yang judulnya My Everything, arti liriknya Peng sekali :"). 

Overall Review

✩✩✩✩✩
5 bintang yuhu!
This is so good! Jarang-jarang aku mereview drama Thailand. Tapi ini bener-bener bagus.
Untuk kalian yang cari tontonan yang menghibur dan memiliki perkembangan plot dan karakter yang sangat oke, drama ini patut untuk dicoba. Ugh! Karakter Thai akan membuat kalian berpikir, 
"The situations is so fckd up! So creepy! I hate you and poor you at the same time".

Greenshe Review