Illuminae Files #2: Gemina by Jay Kristoff & Amie Kaufman - Book Review

The Illuminae Files #1 & #2
Photo by Greenshe
Halo teman-teman!
Hari ini aku lagi-lagi akan mereview novel terjemahan Penerbit Spring, salah satu anak perusahaan Penerbit Haru, dan terbit di Februari 2019. Judulnya Gemina. Buku ini melanjutkan cerita dari buku pertama yang pernah aku review disini. Buku ini memiliki halaman yang lebih tebal dari prequelnya, yakni 630 halaman. 

Blurb

Setelah pasukan BeiTech menyerang Kerenza di buku Illuminae, kini giliran Stasiun Portal Heimdall yang menjadi target selanjutnya, pasalnya, kapal luar angkasa Hypatia yang mengangkut banyak saksi penyerangan BeiTech, hendak berlabuh di stasiun tersebut. Hanna, putri Kapten Stasiun Portal Heimdall, dan Nik, si kriminal, harus bekerja sama menyelamatkan rumah mereka, Heimdall, dan pesawat Hypatia yang sedang menuju Heimdall, dan juga.... semesta. 

...Review... 

Format penulisan buku Gemina ini masih sama uniknya dengan buku Illuminae yang tersusun dari kumpulan data-data, email, dan lain sebagainya yang dikumpulkan oleh geng Illuminae. Ada sedikit tambahan format baru di buku Gemina ini, seperti jurnal harian Hanna yang penuh dengan doodle-doodle buatannya. Tapi entah mengapa, aku merasa format file yang disuguhkan dalam buku ini tidak semenakjubkan Illuminae. Kupikir, mungkin karena buku Gemina memiliki lebih banyak deskripsi CCTV dibandingkan Illuminae, sehingga aku merasa seperti membaca novel biasa.

Lalu, dibandingkan dengan buku Illuminae, plot Gemina ini lebih ramai. Banyak konflik atau unsur yang membuatku berpikir akan sangat menarik nantinya, tetapi konflik tersebut nyatanya tidak dieksekusi semenarik ekspektasiku.

Secara pribadi, aku lebih menyukai tiga karakter utama dalam buku Illuminae, yakni Kady, Ezra, dan Aidan. Sedangkan dalam buku Gemina ini, kita dipertemukan dengan tiga karakter utama baru, yakni Hanna Donnelly si cewek cantik nan mempesona, Nik Malikov si kriminal, dan Ella Malikova saudari Nik Malikov.  Diantara tiga orang itu, mungkin hanya karakter Ella Malikova yang aku suka.

Hanna Donnelly, putri semata wayang Kapten Stasiun Portal Heimdall. Beberapa orang menganggapnya sebagai sosok putri yang lemah dan manja yang membutuhkan perlindungan super ekstra. Dalam buku ini, menurutku Hanna sedang mencoba untuk membuktikan bahwa ia lebih kuat dari apa yang dipikirkan orang-orang. Dan hal tersebut membuatnya terkesan sangaaaaaaat sempurna. Flawless banget rasanya.

Nik Malikov, anggota dari kelompok kriminal House of Knives. Dia sangat dekat dengan Hanna karena hal-hal ilegal yang dijualnya (Hanna juga kadang membelinya). Dia pun menyukai Hanna, walaupun ia tahu Hanna sudah memiliki kekasih. Sebagai pemeran utama laki-laki, aku nggak merasa Nik memiliki suatu hal yang spesial sehingga bisa membuatku jatuh cinta. Tapi karena Nik memperlakukan Hanna dengan baik, aku sempat sedih pas [block paragraf untuk melihat spoiler] dia mati.

Ella Malikova, saudari Nik. Ella digambarkan sebagai karakter yang lemah karena sewaktu kecil terkena sebuah penyakit dan membuatnya tidak bisa beraktifitas layaknya anak biasa. Untuk melindungi Ella, ayahnya membuatkannya ruangan khusus yang dilengkapi dengan komputer-komputer super cangguh agar Ella bisa melihat kondisi di luar ruangannya. Lokasi Ella ini tidak tercetak dalam peta Stasiun, sehingga ketika para pembajak datang, mereka sulit menemukan Ella. Lalu, walaupun memiliki fisik yang lemah, Ella adalah karakter yang jenius teknologi gitu, hampir mirip sama Kady dari buku pertama. Kalau nggak ada Ella, Hanna dan Nik akan kesulitan melakukan aksi penyelematan. Pokoknya menurutku dia adalah karakter penting yang lebih menghibur dibandingkan pasangan utama kita, haha.

...extra spoiler

Things I Like


  1. Hanna Donnelly yang bertarung dengan baju model terbaru yang dibelinya sebelum pembajakan terjadi. Bajunya berwarna hitam dan seperti seragam Fantastic 4 Marvel. Ditambah deskripsi akan kelincahan Hanna Donnelly ini cukup menghibur, jadi aku suka bagian ini. Hanna jadi seperti Lara Croft di Tomb Raider.
  2. Ella Malikova. Karakternya memang selalu menghibur.
  3. Kady, Ezra, dan Aidan. Ketika mereka muncul dalam buku ini, aku sangat senanggg. Kalau kalian juga termasuk orang yang menanti-nanti kemunculan geng Illuminae 1, kalian harus bersabar, karena mereka muncul agak belakang-belakang.


Things I Disappointed At


  1. Romansa antara Nik dan Hanna. Buku ini banyak banget unsur romansanya, tapi menurutku ngga meninggalkan kesan yang menyenangkan. Malah aku cenderung men-skip setiap kali adegan romansa mereka muncul. Rasanya.... klise. Dan chemistry mereka kayak kurang puolll.
  2. Bayi-Alien-Mirip-Ular. Aku cukup kecewa dengan hal ini. Aku pikir alien tersebut bakal keren banget. Tapi ternyata malah yaa.. terkesan tidak begitu mengancam. Terlebih Nik memahami alien tersebut seperti peliharaannya, membuat alien itu tidak semenegangkan kehadiran Virus Zombie di buku Illuminae.
  3. Dunia Paralel. Konsep dunia paralel kerap dijadikan 'jalan pintas' untuk menyempurnakan jalan cerita entah dalam drama maupun buku. Konsep itu bisa membuat sesuatu yang tadinya hilang, datang kembali, seolah takdir bisa diubah-ubah sangat mudah dengan mempermainkan hukum dunia paralel. Entah bagaimana aku masih menganggap Dunia Paralel adalah konsep atau teori yang paling ngawang diantara konsep cerita fantasi lainnya. Ketika Nik mati, aku sedih. Tapi kemunculan teori ini tuh seolah membisiki telingaku, "Nik mati...... TAPI BOONG! Dia masih sehat walafiat di semesta B. Tuker aja yang mati sama yang hidup. Happy ending dehhhh," gitu.

Overall Review

☆☆☆☆
4 bintang.

Jika melihat Gemina dan Illuminae sebagai dua buku yang terpisah. Aku memang tidak begitu menyukai karakter dalam Gemina. Mungkin hanya Ella Malikova. Aku juga tidak merasa plotnya semenarik buku Illuminae. Terlebih unsur romance di dalamnya  terkesan membosankan, boooo

Tapi jika aku melihat Illuminae dan Gemina sebagai satu kesatuan, maka aku akan mengatakan buku ini cukup oke dan cukup menghibur. Terlebih masih ada buku ketiga yang belum selesai diterjemahkan oleh Penerbit Spring. Jadi, aku masih menunggu akhir dari seri Illuminae ini.

Greenshe Review