Illuminae Files #1: Illuminae by Amie Kauffman & Jay Kristoff - Book Review

Siapa yang ikut pre-order The Illuminae Files_02 : Gemina??

Oke, mungkin beberapa dari kalian ada yang nggak tahu apa itu Gemina. Gemina adalah novel sequel The Illuminae Files_01 : Illuminae. Buku-buku ini adalah novel terjemahan yang di terbitkan oleh penerbit Indonesia, yakni Penerbit Spring. Dalam postingan kali ini, sebenarnya bukan Gemina yang ingin aku bahas. Tetapi pendahulunya, yaitu Illuminae. Hanya saja, karena Penerbit Spring sedang mengadakan pre-order melalui grobmart.com , aku berpikir untuk menulis review lengkap novel Illuminae di blog ini. So, here we go~


Illuminae by Amie Kauffman & Jay Kristoff
Photo by Greenshe Reviews

Judul : Illuminae (The Illuminae Files_01)
Penulis : Amie Kauffman & Jay Kristoff
Penerbit : Penerbit Spring (Indonesia)
Terbit : November 2017
Tebal : 576 hlm, 21 cm
ISBN : 978-602-6682-09-3


Saat itu, Penerbit Haru & Penerbit Spring sedang gencar-gencarnya mempromosikan pre-order Indonesian translation nya novel Illuminae. Awalnya aku benar-benar nggak tertarik, karena yah minat bacaku masih maju mundur, dan bacaanku masih terbatas pada buku yang diterbitkan penulis tertentu. Belum berani baca yang lain gitu deh.

Kemudian, ketika aku tengah menjelajahi akun Youtube pribadiku, di bagian home akunku, ada video dari Maggie Chen, seorang booktuber yang aku subscribe dan kebetulan membahas 5 Reasons Why You Should Read Illuminae. Dan setelah menonton video itu, aku tergugah untuk membeli buku ini. 

Nah, pada review kali ini, aku akan memberikan beberapa alasan versi aku kenapa kamu harus baca buku ini. Berhubung sequelnya yang berjudul Gemina, sebentar lagi diterbitkan oleh Penerbit Spring, yeay!

IT'S FREE SPOILER........ PROBABLY? 

MUNGKIN SEDIKIT?

Blurb

Illuminae mengambil latar waktu tahun 2575. Suatu pagi, Kady memutuskan untuk mengakhiri hubungannya bersama Ezra Mason. Dan siangnya, planet mereka yang bernama Kerenza, diserang. Di evakuasi di pesawat yang berbeda, Kady sadar bahwa ia harus bekerja sama dengan mantan pacarnya untuk menyelamatkan orang-orang di pesawat dari bahaya yang di rahasiakan oleh Kapten Pesawat. Dan yah, terjadi CLBK, but that's not the point! Buku ini lebih dari sekedar Cinta Lama Bersemi Kembali.

Review

     Kelebihan     

1. Format Unik

Kalau biasanya kamu disuguhkan buku yang isinya paragraf semua dan hanya dibagi per bab saja, buku ini memberikan penawaran lebih dengan menyuguhkan kumpulan-kumpulan email, skematik, file militer, IMs, laporan kesehatan, catatan interview, dan data lain sebagainya yang diperoleh dari hasil hack seorang perempuan berambut pink, Kady.

Ingin tahu preview tampilan bukunya? Kalian bisa cek previewnya di Google Play Books. Karena biasanya aku baca preview novel disitu, dan jika memang menarik, aku beli hardcopy nya.

Tapi serius, deh. Ini unik banget. Kamu dilatih untuk bisa memahami cerita dari kumpulan kumpulan data seperti itu. Ini keren sih menurutku.

2. Plot

Pernah naik rollercoaster? Sensasi yang aku rasakan hampir serupa seperti naik rollercoaster. Ceritanya benar-benar tersusun secara apik dari awal sampai akhir. Walau pas awal-awal aku sempat bosan karena belum begitu beradaptasi dengan formatnya yang kelewat unik, tapi overall plotnya bagus banget.

Bayangkan perang di luar angkasa! Zombies! Dan sistem komputer yang super canggih sampai bisa memiliki pikiran sendiri! Serius, ini rekomen banget. Aku nggak bisa berkata-kata banyak. Kabarnya Illuminae akan dibuatkan filmnya. Kalau digarap dengan sungguh-sungguh dan sesuai ekspektasi pembaca, gokil sih.

3. Karakter

Oh yeahhhh. Karakternya dapet banget! Kemunculan komputer super canggih bernama AIDAN di pertengahan buku, sampai ke ending tuh rasanya ugh ngebekas banget. Karakter Kady dan Ezra juga uwow i'm speechless. Bener-bener suka sama Ezra, luv banget parah, walau agak dodol dodol gimana gitu.

4. Translatenya Bagus

Hanya bermodalkan format yang unik nggak cukup untuk membuatku jatuh cinta dengan buku ini. Sehingga harus ada plot dan karakter yang menarik dan jelas. Dan salah satu faktor lainnya yang membuatku jatuh cinta dengan buku ini adalah translate Bahasa Indonesianya yang mudah dipahami dan rapih. 

     Kekurangan     

Selain memiliki kelebihan, buku ini juga memiliki kekurangan, khususnya bagian fisik. Part review ini mungkin rekomen buat kalian yang suka ngoleksi buku, dan suka baca buku Inggris, bukan yang terjemahan. Walaupun cenderung mahal dan aku pun belum bisa belinya, tapi aku lebih suka versi Inggris, terlebih yang hardcover. Karena ada kekurangan di versi Indonesia, yaitu kertas yang digunakan kurang mantap, padahal cetakannya banyak yang berwarna hitam, dan karena kertas dasarnya berwarna agak abu-abu, jadi tulisannya kadang agak kabur kebacanya. Salah satu contohnya, Illuminae halaman 241.

Overall Review

☆☆☆☆☆
4,8 bintang, karena keunikan format dan ceritanya benar-benar membuatku jatuh cinta.

Serius buku ini rekomen buat kalian yang suka buku atau cerita dengan genre science fiction. Aku nggak menyangka bisa sejatuh cinta ini sama buku ini.


Greenshe Review