Hotel Del Luna (2019) - Drama Review

"Tidak hanya monster yang memiliki hotel khusus di Trasylvania. 
Tetapi hantu juga memiliki hotel khusus di Seoul, Korea," pikirku.

Hotel Del Luna
Sumber: asianwiki.com
Episode: 16
Director: Oh Choong Hwan
Penulis: Hong Jung Eun, Hong Mi Ran aka Hong Sisters

Kurang lebih kalimat pertama itu lah yang terlintas di benakku ketika mengetahui bahwa drama ini mengusung konsep hotel hantu. Sejujurnya, saat IU dan Yeo Jin Goo diumumkan menjadi karakter utamanya, aku cukup menanti-nantikan tayangnya drama ini, walaupun ada sedikit rasa bertanya-tanya apakah IU dan Yeo Jin Goo bisa menjadi pasangan yang cocok atau tidak.

Tapi pokoknya, sampai saat ini, aku masih menganggap bahwa drama ini patut diberi rating tinggi. Jadi, inilah rating dariku.

✰✰✰✰✰

5/5 bintang. 
Rekomendasi banget buat kalian yang suka fantasi, Hong Sisters, Master's Sun, Goblin, dan sebagainya.

==========

Sinopsis

Drama ini menceritakan tentang Jang Man-Wol, pemilik Hotel Del Luna, yang berlokasi di Seoul. Tidak seperti hotel lainnya, hotel ini adalah hotel khusus hantu. Jang Man-Wol bertemu dengan Goo Chan-Sung, seorang manajer hotel baru. Kebersamaan mereka membuat rahasia kelam yang menjadi alasan Jang Man-Wol terjebak di Hotel Del Luna selama 1.000 tahun mulai terungkap.

==========

Plot

Ketika dua episode pertama tayang, drama ini berhasil membuatku terkagum-kagum dengan kelihaian para produser, director, penulis, dan editor yang berhasil menciptakan suasana yang begitu magical, baik dari CGI nya, cinematography nya, dan lain-lain. Selain itu, dua episode pertama ini juga mengingatkanku dengan beberapa drama/film yang mungkin menjadi referensi penulis dalam membangun drama ini.

Beauty and The Beast Reference

Selain film animasi Hotel Transylvania, drama ini juga mengingatkanku akan kisah Beauty and The Beast. Pasalnya, hubungan Jang Man Wol (IU) dan Gu Chan Sung (Yeo Jin Goo) dimulai ketika ayah Gu Chan Sung mengalami kecelakaan ketika dirinya melakukan kecelakaan. Arwahnya yang tak menyadari bahwa tubuhnya berada di rumah sakit, terus berlari dan tidak sengaja menemukan Hotel Del Luna, hotelnya para hantu. Ketika masuk ke dalam hotel tersebut, ayah Gu Chan Sung menemukan pohon besar yang kering, tetapi menemukan satu bunga yang mekar di akarnya. Ayahnya teringat akan anaknya yang menyukai bunga, jadi untuk hadiah ulang tahun, ayahnya ingin memetik bunga tersebut, tetapi Jang Man Wol yang menangkap basah ayah Gu Chan Sung dan agar jiwanya bisa kembali ke tubuhnya dengan selamat, Jang Man Wol meminta ayah Gu Chan Sung untuk menyerahkan anaknya ketika ia sudah dewasa untuk bekerja di hotel tersebut.

Selanjutnya, konsep kehidupan Jang Man Wol yang bergantung dengan suatu pohon kering yang akhirnya akan berbunga juga mengingatkanku dengan Beauty and The Beast. Terlebih kabarnya, Jang Man Wol akan mati ketika bunga-bunga di pohon tersebut layu. Sama seperti karakter Beast.

Master's Sun Reference

Oh ya tentu saja. Penulis drama ini adalah penulis yang sama dengan penulis yang menulis drama Master's Sun. Itu loh, drama di mana karakter utama wanitanya bisa melihat hantu. Nah, wajar saja Hong Sister menjadikan drama mereka yang sebelumnya menjadi referensi, pasalnya, menurutku cerita yang membawa-bawa 'hantu' dan 'romance' itu udah Hong Sisters banget.

Goblin Reference

Walau bukan drama yang ditulis oleh penulis yang sama, drama Hotel Del Luna beberapa kali mengingatkanku akan drama yang sempat membahana beberapa waktu lalu, yakni Goblin. Terlebih dari segi produksi. Sinematografi penayangan setiap episode-nya benar-benar dibuat dengan kualitas film-film di bioskop. Dimensi layarnya, dan lain sebagainya.

Selain itu, baik Hotel Del Luna dan Goblin sama-sama di tayangkan di saluran tv kabel tvN. Genre fantasy dan konsep keabadian yang dimiliki pemeran utama juga mirip secara garis besar. Karakter IU dan Gong Yoo sama-sama memiliki masa lalu yang kelam, mengalami pengkhianatan yang besar dan pokoknya terluka banget deh, yang akhirnya membuat mereka harus menjalani hukuman dari the deities. Dan kemudian, di masa depan, mereka bertemu dengan reinkarnasi karakter-karakter penting di masa lalu mereka.

==========

OST & Music

Menurutku drama ini benar-benar spesial dan paket lengkap. Selain plot yang menarik, karakter-karakter utama kita juga meninggalkan kesan yang wow. Khususnya IU yang mampu acting dan menyampaikan perasaan sakit serta derita karakter Jang Man Wol dengan sangat baik. Setelah plot, karakter, dan setting yang sangat baik, tentu saja drama ini dilengkapi dengan musik-musik dan lagu yang juga wow. Pasalnya, pengisi soundtrack drama ini adalah penyanyi yang sudah memiliki nama yang baik di dunia per-ost-an (apasih,wkwk).

Adapun pengisi soundtracknya terhitung sampai episode 10 adalah Monday Kiz & Punch, 10cm, Taeyeon, Yang Da-il, Heize, Chungha, Gummy, Red-Velvet, Ben, dan Paul Kim. Untuk kalian yang sudah cukup lama mengikuti dunia per-kpop-an dan per-drama-an, mungkin tidak akan asing lagi dengan nama-nama tersebut.

==========

Asumsi & Spoiler

Apakah kalian pernah menonton drama Reply 1988? Sejak menonton drama Reply 1988, aku tidak pernah bisa melihat drama dengan cara yang sama. Aku kerap sekali berasumsi mengenai plot suatu drama. Membuatku berpikir, "Bagaimana kalau ternyata selama ini penulisnya menggiring kita ke perkiraan yang salah? Gimana kalau ternyata endingnya begini? Gimana kalau ternyata kita salah mengasumsikan endingnya?." Rasanya, asumsi-asumsi tersebut bisa membuat kepalaku pusing, padahal cuma nontonin doang apa susahnya sih ya, haha.

Nah, terhitung sampai episode 10, drama ini masih memiliki celah untuk menaruh twist-twist yang mungkin akan mencengangkan para penonton. Dan hal itu membuatku tak tenang. Jadi... begini.

Drama Hotel Del Luna ini juga mengusung cerita tentang reinkarnasi. Berpusat pada karakter Jang Man Wol si mantan ketua kelompok pencuri yang dahulu memiliki seorang sahabat bernama Yeon Woo, dan kenalan baru, seorang pendekar, bernama Go Choeng Myung. 

Jang Man Wol, Go Choeng Myung, Yeon Woo

Di beberapa episode awal, penonton disuguhi dengan flashback hubungan antara Man-Wol dan Choeng-Myung. Tetapi, karakter Yeon Woo yang notabene adalah sahabat Man-Wol tidak ditunjukkan atau belum diberikan porsi masa lalu yang serupa, entah karena memang karakternya tidak penting-penting amat, atau penulis menyimpannya untuk mengejutkan para penonton.

Nah, kehadiran Gu Chan Sung (Yeo Jin Goo) sebagai karakter utama di masa modern, tentu membuat penonton berpikir ia adalah reinkarnasi salah satu karakter laki-laki di atas. Terlebih, Chan-Sung seringkali bermimpi melihat Jang Man-Wol di masa lalu. Dan kemungkinan besar, banyak dari penonton juga akan menduga bahwa Chan-Sung adalah reinkarnasi Choeng-Myung (aku juga berpikir hal yang sama saat itu). Tetapi, minimnya cerita atau flashback tentang hubungan Jang Man Wol dan Yeon Woo membuatku berasumsi bahwa bisa saja Chan-Sung adalah Yeon Woo.

Pengkhianatan dan luka yang ditinggalkan oleh Choeng Myung kepada Man Wol di masa lalu juga membuatku semakin berharap bahwa Chan Sung adalah Yeon Woo. Pasalnya, di masa modern, Man-Wol sangat ingin melindungi Chan-Sung, seolah ia ingin melindungi Yeon Woo saat sahabatnya itu akhirnya dihukum gantung di masa lalu.

Di episode 10, terdapat twist yang membuat asumsiku mengenai Yeon-Woo mulai runtuh, tetapi malah menimbulkan asumsi-asumsi lain yang semakin membuatku kelimpungan, haha. Kehadiran sosok Yeon Woo sebagai seorang detektif di masa modern membuatku mulai bertanya-tanya. 

Kenapa Yeon Woo dan sang Putri ber-reinkarnasi ke wujud semulanya? 

Kenapa hanya Chan-Sung yang menjadi reinkarnasi Choeng-Myung?

Benarkah Chan-Sung adalah Choeng-Myung? 

Atau mungkin Chan-Sung hanyalah karakter baru?

Apakah nanti akan muncul sosok Choeng-Myung di masa modern?

Masa lalu seperti apa yang belum diungkapkan? Aku butuh bocoran masa lalu lagi!


Asumsi-asumsi yang aku buat itulah yang memotivasiku untuk menonton kelanjutan drama ini. Bahkan sebelum reinkarnasi Yeon-Woo muncul, aku sempat berpikir bahwa Sanchez, sahabat Chan-Sung, mungkin adalah salah satu reinkarnasi tokoh di masa lalu, haha.

OH! Dan di episode 10, aku memiliki adegan favorit yang menurutku benar-benar menyentuh dan wah pokoknya undescribable deh. ⤵⤵⤵⤵⤵





Yah, kurang lebih beginilah review-ku, sengaja ratingnya diletakkan paling awal, lagi coba-coba model baru, haha. Terima kasih untuk yang sudah capek-capek membaca sampai sini. Kalau kalian memiliki masukan atau mungkin ingin berpendapat mengenai asumsi-asumsi kalian, bisa tinggalkan komen di bawah yaa.

Greenshe Review