Lo Ngerti Siapa Gue by Sophia Mega - Book Review


Cr. Greenshe Reviews

Lo Ngerti Siapa Gue: Membangun Personal Branding melalui Media Sosial Tanpa Perlu Jadi Selebgram by Sophia Mega

My rating: 4 of 5 stars

✰✰✰✰

Setelah membaca buku yang memiliki lebih dari 600 halaman (The Portrait of A Lady), rasanya buku tipis ini sangat menggoda untuk dibaca. Dan ya, aku membaca buku ini setelah membaca buku tebal itu. Dan setelah menyelesaikan buku 164 halaman ini, rasanya hatiku baru saja dicuci, dingin gitu maksudnya.

Buku ini mencakup aneka tips dalam membangun Personal Branding di media sosial tanpa perlu jadi selebgram apalagi sekedar ikut-ikutan sesuatu yang viral. NO.

Salah satu hal yang ku rasa ditekankan dalam buku ini adalah it's very important for you to know who you really are, and what you like to do. Personal Branding bukan lah pencitraan. But, being true to yourself. Menyamakannya dengan kehidupanku sekarang, aku merasa sedih karena aku bahkan tidak yakin apakah selama ini aku tau siapa diriku, dan sudahkah aku menjadi diriku sendiri?

Overall, buku ini benar-benar memberiku insight mengenai personal brandingku yang masih sangat harus wajib kudu perlu dibenahi, dan atau dikembangkan. Penataan design cover, buku, font, dan illustrasi(?) dalam buku ini juga membuat pengalaman membaca lebih menyenangkan. Aku suka pemilihan warna biru, kuning, dan putih pada buku ini.

Ada satu quote yang meninggalkan kesan cukup dalam selama aku membaca.

"Being busy doesn't mean real work," pages 98.

Kalimat tersebut cukup membuatku tergebuk. Karena for almost my entire life, aku menyibukkan diriku dengan hal-hal yang aku sadari belum bisa memberikan manfaat untuk lingkunganku. Dan terkadang, hal itu membuatku merasa tidak berguna. Tidak! Aku tidak boleh berpikir seperti itu!

Anyway, aku jarang sekali membaca buku non-fiksi seperti ini, mungkin bisa dihitung jari buku-buku non-fiksi yang sudah aku baca. Tetapi buku ini mampu memberikan kesan yang TOP untuk seorang pembaca fiksi sepertiku.

Buku ini juga rekomen untuk kalian yang ingin tau, lebih tau, atau ingin memperoleh tips mengenai membangun dan meningkatkan personal branding kamu.

Greenshe Review