Thoughts #4 - 5 Rekomendasi Webtoon Horror

Dead Days, Haunted Station, Creep, Sweet Home
Sumber: Google


Hai hai hai, aku kembali. Dan seperti judul di atas, aku akan memberikan beberapa webtoon bergenre horor yang menurutku layak untuk dibaca, dan layak menakut-nakuti harimu.

Genre webtoon seperti apa yang kalian senangi? Romance kah? Atau Horor? Atau mungkin komedi? Selain romance, Greenshe juga suka dengan webtoon horror, walau ada beberapa momen yang membuat Greenshe menjauhkan layar dari muka karena takut gambarnya bergerak, haha. 

Nah, setelah kemarin memberikan Top 10 Webtoon Romance/Drama versi Greenshe, aku akan berbagi mengenai webtoon-webtoon dengan genre horor yang menurutku sangat keren. So, tunggu apa lagi? Here we go~

     Top 5 Webtoon Horror by Greenshe    


     1. DEAD DAYS by DEY     

Virus zombie menyebar ke seluruh kota, dan kamu terjebak di kamar apartemenmu. Tidak memiliki siapa-siapa, listrik mati, stok makanan tidak ada, bantuan pun tidak kunjung datang. Apa yang akan kamu lakukan untuk bertahan hidup? Dead Days adalah webtoon horror favoritku. Selain gambarnya, jalan ceritanya pun sudah tersusun sangat apik dan keren. Kengerian benar-benar tampak pada keseluruhan cerita dan gambar. Webtoon ini juga memiliki pesan moral yang bagus di akhir cerita. Selain itu, di akhir cerita, penulis webtoon ini juga menceritakan tentang referensi-referensi yang menginspirasinya membuat cerita Dead Days, dan menurutku konsepnya sangatlah rapih. Secara pribadi aku cukup mengaguminya.

     2. CREEP by Ino Septian     

Webtoon horror Indonesia yang sangat menarik perhatianku karena keapikan author dalam menyusun alur dan plot. Alur cerita berjalan dari alur umum ke alur khusus, dimana cerita tersusun dari macam-macam kisah horor yang tak jarang terjadi atau tak jarang terdengar oleh masyarakat Indonesia. Fakta bahwa webtoon ini adalah produksi lokal, tentu membuat para pembaca juga merasa lebih dekat dengan macam-macam unsur dalam webtoon ini, lebih terasa horror-nya. Aku suka dengan bagaimana cara penulis menyelesaikan akhir cerita. Perpaduan setiap episode seperti untaian benang merah yang kusut, tetapi menuju akhir episode, semuanya terasa masuk akal.

     3. HAUNTED STATION by Danwoo     

Kalian pernah menonton drama Korea? Plot Haunted Station benar-benar tersusun rapih sehingga membuatku merasa seperti menonton suatu drama. Kisah ini bermula dari sebuah stasiun kereta yang kerap memakan korban nyawa, membuat beberapa orang di antaranya mencari tahu seluk beluk kenapa kematian-kematian tersebut terjadi di stasiun tersebut. Misteri di setiap chapter benar-benar membuat pembaca kepo sama akhir ceritanya. Dan menurutku, webtoon ini sangat berpotensial untuk ditarik ke layar kaca maupun layar lebar. Secara pribadi, aku menantikan webtoon ini ada live actionnya, haha.

     4. TALES OF THE UNUSUAL by Seongdae Oh     

Webtoon ini adalah kumpulan cerita horror pendek yang biasanya berlangsung beberapa chapter saja. Seperti 10 chapter pertama diberi judul "Galeri Jiwa-Jiwa Terkutuk", sedangkan chapter 11 diberi judul "Insiden di Afrika". Tidak sekedar horror, tetapi webtoon ini juga bisa membuatmu sedih di beberapa episodenya, karena cerita yang diangkat mungkin lebih menyentuh hati ketimbang menakuti hati. Episode favoritku adalah chapter 27 yang berjudul "Kenangan Istriku". Walaupun ada webtoon ini bergenre horor, dan setiap cerita mengandung unsur-unsur mistis, cerita di chapter 27 tersebut membuatku yakin bahwa tidak selamanya cerita horror itu menakutkan, tetapi cerita horror juga bisa menyedihkan.

     5. SWEET HOME by Kimcarnby / Youngchan Hwang     

Woohoo, untuk perkara webtoon ini, aku sempat terhenti di chapter ketika Hyunsoo terbangun, seolah semua tragedi yang sudah di alaminya dan monster-monster yang disaksikannya itu hanya lah mimpi. Namun, beberapa hari lalu aku menemukan kabar bahwa webtoon ini hendak di adaptasi ke dalam drama Korea. Hal tersebut membuatku bersemangat untuk menyelesaikan chapter-chapter yang terlewat olehku. Webtoon ini menceritakan Hyunsoo, anak 18 tahun yang miraculously selamat dari kecelakaan lalu lintas yang menimpa keluarganya. Semua mati, kecuali dia. Ia adalah korban bully, jadi ia lebih senang menyendiri di kamar. Setelah kejadian traumatik itu, ia pindah ke sebuah apartemen kecil, dan saat itu lah virus (walau sebenarnya tidak bisa dikatakan virus) yang menjadikan beberapa manusia menjadi monster mulai merajalela. Webtoonnya belum tamat, aku hanya bisa bilang, BACALAH.

============================= 

Yeap, lebih kurang lima webtoon itu lah yang meninggalkan kesan yang membekas dalam ingatanku. Mungkin masih banyak webtoon horor lain yang sebenarnya sudah kubaca, namun belum meninggalkan kesan yang lebih dari webtoon-webtoon. Sekali lagi, ini semua adalah penilaian subjektif, jadi, tidak perlu terbawa suasana, ya?

Terima kasih sudah membaca.


Greenshe Review