I Want To Die But I Want To Eat Tteokpokki (죽고 싶지만 떡볶이는 먹고 싶어) - Book Review


I Want to Die But I Want to Eat Tteokpokki by Baek Se-hee

✩✩✩✩

My rating: 4 of 5 stars

Ingin mati, tapi ingin makan tteokkpokki? Jadi... gimana?


Kesan pertamaku melihat judul buku ini, aneh. Tapi sekaligus menimbulkan rasa penasaran dengan isi buku tersebut.

Buku ini adalah buku non-fiksi yang termasuk dalam kategori self-help. Isinya berupa kompilasi atau rekapan percakapan antara dua manusia yang tidak sempurna, yakni sang penulis (Baek Se Hee) dan dokter psikiaternya. Sang penulis memiliki distimia yang merupakan salah satu jenis depresi yang ringan, tetapi berkepanjangan.

Melalui kata pengantar dalam buku, Dr. Jiemi Ardian, Sp. KJ, berpesan bahwa self-diagnosed yourself sangat tidak dianjurkan. Tetapi dengan membaca buku ini, kamu bisa sedikit memahami seperti apa sih yang dipikirkan oleh seseorang yang mengalami distimia.

Well, setelah membaca buku ini, aku merasa bahwa banyak sekali situasi perasaan dan cara berpikir penulis yang relatable denganku. Pemikiran dan dilema yang dirasakan oleh seorang introvert yang berusaha untuk lebih mencintai diri sendiri.

Biasanya, aku suka membaca buku dengan genre fantasi atau science-fiction. Dan buku berkategori self-improvement ini tuh berada di peringkat terbawah dari list genre favoritku. Karena aku seringkali berpikir bahwa kata-kata mutiara/ motivasi yang menyarankanku untuk melakukan ini dan itu tuh nggak begitu berpengaruh untukku. Kayak.... aku berpikir seperti motivasi tuh datangnya dari dalam diri sendiri, bukan orang lain. Atau mungkin hanya aku saja yang malas untuk berubah? Mungkin aku hanya bersikap berlebihan?

Lalu, kenapa aku memutuskan untuk membeli dan membaca buku non-fiksi ini?

Oke, awalnya aku tidak tertarik sama sekali dengan popularitas buku ini. Ketika banyak orang berlomba untuk beli pre-order buku ini, aku sama sekali tidak tertarik. Tetapi suatu hari, komunitas Bookish Indonesia mengadakan sebuah event diskusi buku-buku yang dibaca atau menjadi sumber inspirasi karya-karya Korean group BTS. Dan salah satu buku yang dibahas adalah buku ini.

Ketika melihat daftar buku yang akan dibahas, aku sama sekali buta. Tidak ada satupun buku yang aku pernah baca. Bahkan aku yang mengaku sebagai Army (fans BTS) pun tidak tahu buku apa yang mereka baca, dan darimana inspirasi musik video mereka itu berasal.

Oleh karena itu, karena aji mumpung, aku membeli buku ini yang juga dijual ketika acara berlangsung, yaaa untuk pegangan saja tadinya. Tetapi setelah mendengar diskusi yang dipimpin oleh editor buku ini, yakni Kak Lovita Cendana, aku merasa tertarik membaca buku ini. Terlebih beberapa hari sebelumnya aku dilanda kecemasan yang datang begitu tiba-tiba. Jantungku berdetak begitu cepat, seperti habis meminum kopi, namun saat itu aku sangat lemas sampai nafasku sedikit terganggu. Aku berpikir apakah aku akan mati hari ini?

Setelah membaca buku ini, aku tidak merasa seperti diperintah, diperingati, atau dimotivasi. Melainkan buku ini seolah berkata "kamu nggak sendiri, kok". Aku tidak paham apakah ini merupakan self-diagnosed atau nggak, tetapi aku hanya merasa sangat relate dengan si penulis ini.

Sekian untuk review kali ini. Intinya, aku merasa buku ini sangat bagus!

Greenshe Review