The Creeps by Fran Krause - Book Review

Cr. Greenshe Reviews

The Creeps by Fran Krause

My rating: 4 of 5 stars
✰✰✰✰


Halo readers,
Sebelum memasuki review, aku ingin bertanya. Biasanya, hal apa yang kalian lihat sebelum kalian memutuskan untuk membeli sebuah buku?

Kalau aku, akan melihat dari cover. Well, it is not about judging a book by only its cover. But, talking about first impression. Ketertarikanku terhadap sebuah buku dimula pada covernya. Gambar/ hiasan yang simpel dan memiliki warna yang eye-catching tetapi tidak norak adalah poin utamaku dalam berkenalan dengan buku. 

Selanjutnya, tentu saja tak cukup hanya dengan melihat cover. Aku akan melihat judul dan blurb yang ada di belakang buku. Pasalnya, kedua hal tersebut membuatku bisa mengetahui tentang sepenasaran apa aku dengan buku ini. Dan ketika judul dan blurb sebuah buku menarik perhatianku, maka aku akan berusaha untuk mengingat siapa penulisnya. Baru deh, setelah itu aku akan mencari beberapa review di goodreads.com maupun sumber review lainnya mengenai buku tersebut sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli.

Jadi, suatu hari aku melihat IG Story akun Periplus.com me-repost salah satu story pelanggannya yang baru saja membeli buku The Creeps karya Fran Krause ini, aku langsung tertarik karena gambar covernya simpel dan warnanya kuning, tetapi nggak terkesan norak. Lalu, karena penasaran bukunya tentang apa, aku membaca free sample yang ada di Google Play Books, dan ternyata bukunya adalah graphic novel atau animation book gitu, kumpulan Deep Dark Fears yang mungkin dirasakan oleh pembaca juga. 

Gambar komiknya simpel dan menarik, membuatku semakin ingin membelinya, namun apalah daya, harganya melewati angka 220k di Periplus, sehingga aku harus menunda keinginanku untuk memilikinya. Tapi tak lama kemudian, Periplus mengadakan pesta diskon Bootopia Jakarta 2019. Alhamdulillah akhirnya buku ini bisa terbeli juga.

REVIEW

Buku ini simpel luar dan dalam. Gambar ilustrasi dengan cerita-cerita ringan ini sangat menghibur. Awalnya buku ini seolah menjanjikan bahwa cerita di dalamnya akan seram atau semacamnya. Tapi setelah membaca, sebagian besar isinya hanya menghibur karena terkesan silly, haha. Mungkin ada beberapa bagian yang membuatku mengangguk dengan semangat, tetapi menurutku, mostly isinya hard to relate jika disandingkan dalam kehidupan dan budaya di Indonesia, khususnya lingkunganku.

Kalau kalian suka graphic novels atau mungkin senang baca komik strip seperti Tahilalats, mungkin buku ini cocok untukmu. Because it's simply fun. Atau kalau mood membaca kamu sedang lesu karena sedang dirundung reading slump, maka aku akan merekomendasikan buku ini untukmu. Benar-benar ringan dan menghibur!

Oh! Dan satu hal yang sangat aku suka dari buku ini adalah kualitas kertasnya. Dari sekian banyak buku yang aku punya, aku harus mengakui bahwa kualitas kertas buku ini bukan kaleng kaleng. Susah mendeskripsikan bagusnya. Tapi pokoknya bagus banget dibandingkan dengan buku berilustrasi lainnya yang aku punya.

Buku ini adalah buku kedua dari seri Deep Dark Fears. Aku belum menemukan buku pertamanya di toko buku di Indonesia. Tapi kalau ditanya apakah aku akan membelinya, aku pasti akan membelinya ketika saldonya cukup, haha. Karena ya rasanya memang semenyenangkan itu membaca graphic novel seperti ini. Terlebih mood membacaku akhir-akhir naik turun syantik.

Greenshe Review