365: Repeat The Year (2020) - Drama Review

365: Repeat The Year
Judul: 365: Repeat The Year
Episode: 12 episode
Direktor: Kim Kyung Hee
Penulis: Kurumi Inui (novel), Lee Seo Yoon, Lee Soo Kyung
Genre: Fantasy, Mystery, Crime

Halo, Greenshe kembali dan kali ini ingin mereview sebuah drama bergenre fantasi dan misteri, yakni 365: Repeat The Year. Akhir-akhir ini banyak drama yang menarik untuk ditonton, tetapi akhir-akhir ini juga aku merasa malas untuk mengikuti semua drama bagus itu, mungkin karena sudah terlalu bosan di rumah dan butuh jalan-jalan, haha.

Drama ini adalah drama yang diadaptasi dari novel berjudul Repeat karya Kurumi Inui--jadi ingin baca novelnya. Drama ini juga ada versi Jepangnya, judulnya Wheel of Fortune. Tapi kali ini aku akan review versi Korea tentu saja. Episode drama ini tergolong sedikit, yakni hanya 12 episode.

Sinopsis

Drama ini menceritakan tentang 10 orang yang secara random dikumpulkan di tahun 2020 oleh perempuan bernama Lee Shin. Mereka ditawarkan kesempatan untuk melakukan perjalanan waktu ke masa lalu, tepatnya satu tahun sebelumnya--2019, untuk me-reset kembali kehidupan mereka.

Hero kita adalah Ji Hyeong Ju, seorang detektif yang kehilangan partner kerjanya di tahun 2019. Selain itu, ia adalah penggemar berat webtoon berjudul Hidden Killer yang ditulis oleh Shin Ga Hyeon, heroine kita yang mengalami kecelakaan lalu lintas sehingga kakinya lumpuh.

Setelah kembali ke tahun 2019, 10 orang tersebut berhasil mengubah kehidupan mereka. Namun, kejadian-kejadian aneh mulai muncul. Kematian seolah mengejar mereka. Atau mungkin..... seseorang mengincar mereka.

Review

Plot

Fantasi selalu jadi genre favoritku, walaupun banyak juga drama, film, bahkan buku fantasi yang mengecewakan karena world-building yang kurang oke. Selama ini, aku mengkategorikan cerita fantasi menjadi totally fantasy, fantasi yang dimana si penulis menciptakan dunia baru seperti Harry Potter, Percy Jackson, Lord of The Rings, dan Game of Thrones. Lalu, ada partly fantasy, cerita yang memasukkan unsur fantasi sebagai bagian kecil dari dunia nyata, seperti drama Goblin, My Love from The Star, dan juga drama ini.

Aku suka bagaimana drama 365: Repeat The Year ini dieksekusi dengan baik sampai dari awal sampai akhir. Setiap episode mengandung misteri yang membuat penonton berpikir, bahkan kebingungan. Walaupun begitu, aku dan adik-adikku dibuat penasaran dengan setiap lanjutannya.

Secara keseluruhan, plot ceritanya nggak berat, bahkan ada beberapa bagian yang mungkin tertebak, tapi karena terlalu banyak kemungkinan, jadi penonton akan kebingungan menentukan siapa penjahat yang sebenarnya dan seperti apa motifnya. Dan ketika semuanya terungkap, aku merasa puas.

Saat menonton dan menebak-nebak alur cerita dan penjahatnya, aku dan adikku bercanda dan teringat suatu dialog dari sebuah film Indonesia,

"Siapa orang yang tidak pernah kita duga bakal nulis surat kaleng? Ayo kita sebutkan bareng: Ibu Kantin," - Bayu, Marmut Merah Jambu.

Nggak begitu nyambung sama drama ini, sih, tapi guyonku dengan adikku itu kurang lebih adalah spoiler, hahaha.

Karakter

Dari banyaknya karekter dalam drama ini, para resetters adalah karakter yang paling ter-spotlight. Setiap karakter punya latar belakang berbeda dan alasan mereka tersendiri ketika memilih untuk melakukan kembali ke masa lalu. Tetapi kebanyakan dari mereka menyembunyikan tujuan utama mereka. Dan ketika alasan-alasan tersebut terungkap, aku suka emosi dan perasaan yang dibawakan para aktor, khususnya emosi para karakter ketika alasan karakter bernama Kim Se Rin terungkap, dia sangat unbelievably crazy. Bahkan karakter kecil bernama Choi Young Woong membuatku merasa simpatik, ck sungguh malang.

OST

Secara pribadi, aku suka sekali lagu soundtrack yang dibawakan oleh Say'Z berjudul Into My Life. Musik dan liriknya sangat menggambarkan isi drama ini, tentang keinginan seseorang untuk mengulang kehidupannya, dan bertanya-tanya apakah hidupnya akan berbeda dari saat ini kalau saja ia memutar ulang waktu. Selain itu, lagu yang lain juga sama bagusnya, musiknya passs banget sama dramanya. Feelingnya pas banget.

Overall Review

☆☆☆☆
4/5 star

Mungkin beberapa dari kalian sudah nggak asing sama wajah-wajah karakter utama disini, kalau kamu salah satu penggemarnya, drama ini bagus banget untuk kamu tonton, pasalnya perkembangan karakter khususnya Ji Hyeong Ju disini tuh bagus. Dan kalau kamu penikmat cerita fantasi dan misteri, drama ini pas banget buat mengisi harimu disaat stay at home ini.


Greenshe Review