Eleanor & Park by Rainbow Rowell - Book Review

Eleanor & Park by Rainbow Rowell
Photo by Greenshe

Eleanor & Park adalah buku kedua dari penulis Rainbow Rowell yang aku baca setelah buku Fangirl. Buku ini aku beli di Big Bad Wolf 2020 yang tak sempat aku kunjungi, sehingga hanya bisa memesan melalui jasa titip. Awalnya tidak tertarik untuk membeli, pasalnya aku lebih prefer untuk membeli buku cerita fantasi dibandingkan romansa. Tetapi karena buku ini cukup diminati oleh para pembaca, jadi aku sedikit tergugah untuk membelinya. Dan nyatanya, setelah membacanya, aku jatuh cinta.

Sinopsis

Buku ini menceritakan tentang kisah cinta sepasang remaja berusia 17 tahun. Eleanor, cewek berambut merah terang yang memiliki keluarga yang broken-home, dan Park, cowok American-Korean yang selalu berusaha untuk menjadi invisible di antara teman-temannya.

REVIEW

Plot

Cerita dimulai ketika Eleanor pindah ke sekolah yang baru. Di dalam bus sekolah, Eleanor bertemu dengan Park dan duduk di sebelahnya. Pertemuan awal mereka tidak begitu baik, keduanya menyibukan diri masing-masing. Beberapa waktu berlalu, ketika Park membaca sebuah komik, ia tahu bahwa diam-diam Eleanor ikut membaca dari sampingnya, sejak saat itu, keduanya mulai mencoba berkomunikasi.

Plot dan alurnya disusun secara baik. Banyak adegan menggemaskan ala remaja antara Eleanor dan Park. Secara pribadi, aku lebih suka ‘masa pendekatan’ mereka. Tetapi bukan berarti aku tidak menyukai ketika mereka sudah jadian, hanya saja, lebih terkesan lucu dan menggemaskan. Memang benar, buku ini membuatku teringat tentang bagaimana rasanya jatuh cinta ketika remaja.

Aku suka bagaimana Rainbow Rowell mengakhiri cerita. Normalnya, kisah cinta anak remaja takkan memiliki akhir yang mutlak, apapun yang mereka alami, semuanya adalah permulaan. Tetapi penulis yang memberikan open ending mengenai Eleanor dan Park sudah membuatku sangat puas.

Karakter

Aku suka hampir semua karakter yang muncul dalam buku ini. Selain karakter Eleanor & Park yang remajaaa banget, aku sangat suka dengan karakter anggota keluarga Park.

Keluarga Park yang diceritakan memiliki darah Korea memiliki karakter yang cukup Asia, khususnya bawelnya Min-Dae (Mindy), ibunya Park. Keluarga Park dalam memperlakukan Eleanor sangat baik, lucu dan menghangatkan hati. Bapaknya Park juga sangat baik dengan Eleanor. Dan konflik-konflik kecil dalam keluarga Park dan bagaimana mereka menyelesaikan itu semua terkesan realistik dan natural. Pokoknya, keluarga Park menunjukkan bahwa nggak semua laki-laki itu jahat.

Sedangkan Eleanor yang memiliki keluarga broken-home harus tinggal bersama ibu, saudara-saudaranya, dan juga Richie, ayah tirinya. Richie cenderung digambarkan sebagai karakter ayah tiri yang jahat, walau ada saat-saat dimana ia terkesan baik pada anak-anak tirinya. Tetapi hal terakhir yang dilakukannya pada Eleanor cukup membuktikan bahwa dia memang tidak baik.

My Favorite Lines

“Eleanor was right. She never looked nice. She looked like art, and art wasn’t supposed to look nice; it was supposed to make you feel something” – page 168.
'Eleanor benar. Dia tidak pernah terlihat cantik. Dia terlihat seperti karya seni, dan karya seni tidak seharusnya terlihat cantik; karya seni seharusnya membuatmu merasakan sesuatu.'

My Not-So-Important Questions

Sebenarnya ini tidak penting, hanya saja sebagai seseorang yang menyukai Korea sudah lama, ada beberapa pertanyaan yang melesat di kepalaku dan membuatku agak ingin tahu, haha.
Apakah 'Park' adalah nama asli, atau hanya semacam nama marga aka surnames?
Kalau 'Park' adalah nama marga, maka siapa nama asli Park?
Kalau 'Park' adalah nama aslinya, maka apa marga ibunya Park?

Overall Review

☆☆☆☆☆
5/5 stars


This book is sooooo cute. Dan aku bersyukur membeli cover yang ini. Warna biru itu sangat menenangkan, haha. Aku sangat menyukai keseluruhan cerita, benar-benar bisa mengingatkanku dengan rasanya jatuh cinta. Walau pas awal membaca, aku mengalami sedikit kebosanan karena plot yang agak lambat. Tapi tetap 5 bintang untuk buku ini. Endingnya juga the best banget gemasnya. Memuaskan sekali. 

Kalau kamu pernah baca buku Fangirl-nya Rainbow Rowell dan belum pernah baca buku ini, kamu mungkin akan suka buku ini. Kisah cinta remaja yang nggak menye dan terkesan natural!

Greenshe Review