[ Iyagi Day ] Episode 4. First Amazon Haul! Pengalaman Pertama Belanja Buku di Amazon!

Hai hai semuanya.
Iyagi Day Episode 4!


Akhir tahun 2020, aku mengikuti beberapa event yang diadakan oleh organizer Korea, seperti kontes My Seoul Journal yang diadakan oleh ISEOULU, mengisi survei kepuasan K-Culture Festival 2020, lalu menulis di situs Nuri-Sejong Hakdang, King Sejong Institute. Hadiah yang ku peroleh dari ketiga acara itu adalah Amazon Gift Card.

Ketika memperoleh hadiah tersebut, aku benar-benar nggak tahu cara menggunakannya. Sampai akhirnya aku mencari tahu informasi dari beberapa Booktuber Indonesia yang berbagi pengalaman dan cara berbelanja di Amazon.com. Salah satu video yang sangat membantuku adalah video Kak Retri si darklingreads. Tutorial per tahapnya benar-benar helpful!

Setelah itu, aku pun memberanikan diri mencoba-coba sendiri memesan sebuah buku melalui aplikasi Amazon.com di ponselku.

Dan setelah melihat-lihat produk dan menimbang-nimbang, khususnya harga dan ongkos kirim, aku memutuskan untuk membeli buku Aru Shah and The Three of Wishes, alasannya karena aku sudah membaca buku pertama dan keduanya, sedangkan buku ketiganya sulit kutemukan di toko buku impor lokal.


Detail Pembelian


Berdasarkan detail pembelian di atas, buku Aru Shah 3 ini memiliki harga $14.65. Lalu ada yang namanya shipping & handling, yakni ongkos kirim dari US ke Indonesia sebesar $11.28. Wah, ongkos kirimnya hampir sama dengan harga bukunya!

Note: Setelah membeli buku ini, aku baru menemukan tips belanja Amazon.com milik bookstagramer sekaligus booktuber Kak Indah Nurbaeti . Dalam video tersebut, Kak Indah menyarankan kalau belanja di Amazon.com usahakan jangan hanya beli satu buku, karena akan berat di ongkos kirim.

Shipping & Pengiriman

Saat itu, Amazon menyediakan tiga jenis shipping dan pengiriman. Ada:
  1. Standard Shipping : Shipping paling murah dengan pengiriman paling lama, lupa tepatnya berapa lama, mungkin satu bulan.
  2. Amazon Global Expedited Shipping : Shipping dengan harga menengah dengan lama pengiriman berkitas 9-15 hari. 
  3. Amazon Global Priority Shipping : Shipping paling mahal dengan lama pengiriman paling cepat, yakni berkisar 2-5 hari. 
Dari ketiga pilihan shipping dan pengiriman, aku memilih yang paling murah. Jadi, harga shipping sebesar $11.28 sebelumnya adalah harga shipping dengan pengiriman ini.

Banyak yang mengatakan bahwa pengiriman dengan standard shipping terkadang bisa hilang di jalan dan tidak sampai ke rumah karena tidak diberikan kode tracking. Tetapi, Alhamdulillah pengalaman pertamaku beli buku di Amazon berjalan lancar. Dan, jarak antara waktu pengiriman dan tiba-nya pun tidak begitu lama.

Barang Sampai di Rumah~

Aku order buku Aru Shah and The Three of Wishes tanggal 12 Januari 2021, tapi aku lupa kapan tepatnya barang ini sampai, mungkin agak akhir bulan Januari. Hal yang agak membuatku kaget adalah, aku masih harus membayar buku tersebut sebesar 84.000 rupiah untuk perihal cukai dan segala macamnya.

Aku cukup kaget karena aku pikir tidak akan dipungut biaya macam-macam lagi, karena kupikir harga yang kubayar di Amazon sudah termasuk dengan pajaknya.

Tapi, akhirnya aku bertanya langsung dengan mengirim DM Instagram kepada beberapa orang temanku yang sudah berpengalaman berbelanja di Amazon. Dan ketika dibandingkan dengan order summary atau detail order milikku dengan mereka, ternyata detail orderku tidak mencakup Estimated Tax Collected.

Nah, disini lah aku tahu apa yang dimaksud Estimated Tax Collected. Jadi, itu adalah estimasi pajak yang diestimasi oleh Amazon dan dibebankan kepada pembeli di awal pemesanan. Pajak yang dimaksud adalah perihal biaya impor atau cukai yang akan dikenakan pada barang ketika barang tersebut sampai ke Indonesia.

Kalau menelaah kembali detail order yang aku sampaikan di atas, orderanku tersebut belum termasuk dengan estimasi pajak, sehingga ketika barangnya sampai di rumahku, aku masih harus membayar cukai dan lainnya sebanyak yang disebutkan tadi.

Kenapa tidak ada estimasi pajak dalam orderanku? Alasan paling utamanya adalah karena Standard Shipping yang kupilih tidak diatur dan diurus oleh Amazon. Tidak seperti shipping dan pengiriman Amazon Global Shipping yang dimana Amazon akan menarik estimasi pajak yang akan dikenakan pada barang kita ketika sampai di Indonesia.

Selain itu, dengan estimasi pajak yang dikenakan tersebut, Amazon juga akan mengurus perihal cukai dan segala macamnya. Jadi, jika kalian memilih dengan pengiriman Amazon Global Shipping, maka sudah dipastikan Amazon akan mengurus semuanya dan kalian tidak perlu lagi membayar ketika barang sampai ke rumah kalian.

---

Fuahhh. Cukup sampai disini cerita pengalaman pertamaku belanja di Amazon.com ini. Semoga postingan ini bisa membantu kalian yang ingin mencoba belanja di Amazon.com.

Oh! Jika ada yang bertanya cara membayar di Amazon.com selain menggunakan Amazon Gift Card , aku belum tahu caranya, ya. Karena selama ini aku belanja dengan Amazon Gift Card.

Sampai bertemu di post selanjutnya! ^^




Greenshe Review