Thoughts #2 - Tips Berkunjung ke Big Bad Wolf 2019



Dear Greenshe Viewers,
Kalian ingin ke Big Bad Wolf? Tinggal kurang dari 2 hari lagi acara book fair atau book sale ini akan berakhir. Disini aku akan berikan beberapa tips yang mungkin bisa kamu pertimbangkan ketika ingin ke Big Bad Wolf. Sedikit info, tips ini berdasarkan pengalaman pribadiku.

Yak, langsung saja.

  1. Makan dan Minum.
    Pastikan kalian pergi tidak dengan perut yang kosong, terlebih kalau rumah kalian jauh. Harga makanan di lokasi cenderung ehem, jadi, untuk menghemat pengeluaran, lebih baik kalian makan dulu dari rumah. Tetapi, kalau kalian mau bawa bekal, lebih baik menggunakan tupperware dan tumblr sendiri, karena di lokasi BBW akan ada pemeriksaan, dan tidak boleh membawa makanan dan minuman dari luar. Mungkin hal ini dilakukan sebagai upaya menjaga kebersihan lokasi selama acara berlangsung.
  2. Pakaian.
    Gunakan pakaian yang nyaman. Di lokasi BBW suhunya cukup dingin karena ruangannya ber-AC, jadi aku menyarankan kalian untuk memakai jaket atau sweater. Selain itu, menggunakan sepatu untuk berkeliling mencari buku-buku yang kalian inginkan juga rekomen.
  3. Budget.
    Ini penting. Seberapa-pun murah bukunya, budget itu wajib. Karena budget bisa membatasi pengeluaranmu dan menjauhkanmu dari kekalapan. Budget itu bisa dikelompokkan ke dalam beberapa hal, seperti budget transport, budget buku, budget jajanan, dan budget tak terduga.

    Berdasarkan pengalamanku, aku mem-budget-kan diriku sebanyak Rp. 300.000 untuk buku. Kendaraan sebanyak 50.000. Dan jajan sebanyak 50.000. Setelah membudgeti diri, perhitungan perjalananku dengan kendaraan umum, yakni kereta dan go-car, menghabiskan sekitar Rp. 43.500. Sedangkan buku aku hanya menghabiskan Rp 185.000. Sedangkan untuk jajan, aku hanya menghabiskan 10.000 untuk air mineral, karena aku sudah makan dari rumah dan membawa bekal.
  4. Waktu.
    Setelah mempersiapkan makan, minum, pakaian, dan budget, kamu harus mempersiapkan waktumu. Pastikan kalian berkunjung di waktu senggang dan santai kalian. Mungkin kalau rumah kalian dekat, hal ini tidak perlu di ambil pusing. Tetapi untuk kamu yang pakai kendaraan umum seperti kereta atau transjakarta, kalian harus berangkat lebih awal, agar sampai lokasi ngga ke-sore-an. Kalian mungkin nggak hanya sebentar di BBW, karena mencari buku disana pun membutuhkan effort yang lumayan. Terlebih harga diskon biasanya membuat kita dilema mau bawa pulang buku yang mana.

    Aku tahu bahwa jam sepi BBW adalah midnight ke subuh. Yah, tips ini ngga selalu berlaku untuk semua orang, sih. Tetapi, pastikan kalian sudah izin dengan orang tua dan selalu berhati-hati dimana pun kalian berada, ya.

Tips ini cenderung aku tulis sebagai pengingat untuk diriku sendiri, karena semua ini didasarkan pada pengalamanku, dan menurutku hal-hal di atas cukup penting. But if you have your own tips, kindly tell me other tips by comment down below. :)


Best regards,

Greenshe

Greenshe Review