Lovely Horribly (2018) - Drama Review

Hoho hai hai, Greenshe is back!
Dan kali ini aku akan memberikan review drama yang rilis tahun 2018 lalu. Drama yang sebenarnya membuatku berekspektasi cukup tinggi dengan adanya keterlibatan aktor dan aktris yang menarik dan sinopsis yang cukup menggugah rasa penasaranku. Yap, langsung saja, di bawah ini adalah detail drama Lovely Horribly yang akan aku review. 

Lovely Horribly
Drama Poster

Judul : Lovely Horribly
Episode : 32 episode
Pemeran : Song Ji Hyo, Park Si Hoo, Lee Gi-Kwang, Ham Eun Jung, etc.
Director : Kang Min Kyung
Writer : Park Min Joo

Oooooo.... Look at that poster!
Katanya, jangan menilai sesuatu by its cover. Tapi aku nggak bisa bohong kalau aku suka poster drama Lovely Horribly ini. Karena baik Song Ji Hyo maupun Park Si Hoo terlihat lebih muda dari usia mereka dan cocok dengan gaya agak sporty --look at her shoes and their faces--, terlebih gambar-gambar tangan yang mengerikan di belakang mereka membuat aku semakin penasaran untuk menonton drama ini.

Yak, drama ini menceritakan tentang Philip (Park Si Hoo) dan Eul Soon (Song Ji Hyo) yang terlahir di tanggal yang sama, yakni 8 Agustus tahun berapa gitu deh, pokoknya kembar tapi beda ibu gitu. Entah karena tanggal tersebut terkutuk atau gimana, aku agak gak mudeng, Philip dan Eul Soon harus hidup dengan berbagi takdir. Jadi kalau Philip sedang mengalami hari bahagia, maka Eul Soon di hari yang sama akan menderita atau mengalami kesialan, begitupun sebaliknya. Awalnya, yang memiliki semua kesialan itu adalah Philip, tetapi setelah Eul Soon yang hidup berkecukupan dan bahagia, memberikan jimatnya ke Philip sewaktu kecil, sehingga takdir mereka tertukar. Setelah dewasa, mereka bertemu lagi sebagai penulis naskah drama, dan aktor terkenal. Tentunya dengan takdir yang masih tertukar. Takdirku bukan takdirku... cielaaaa

Review

     MISTERINYA TOTALITAS     

Fyi, drama ini memiliki genre romance-comedy, fantasy, dan misteri. Setelah menonton beberapa episode pertama, aku berpikir bahwa drama ini benar-benar full of mystery, terhitung sampai episode 24, misteri dalam cerita ini tersusun dengan apik, dan semakin membuatku penasaran akan kelanjutan ceritanya. Misteri yang satu belum terkuak, eh ada misteri lain yang muncul dan akhirnya harus ditimbun untuk dipecahkan entah kapan. Aku sempat takut kalau misteri-misteri itu akan terkuak sekaligus, atau bahkan mungkin ada misteri yang miss dan malah nggak terkuak, selain itu aku juga takut drama ini memberikan kesan terburu-buru dalam menyelesaikan misteri-nya, karena terkadang drama yang memiliki unsur misteri akan memiliki miss aka misteri yang bahkan sama sekali tak terungkap, dan biasanya membuat penonton penasaran. 

Tapi overall unsur misteri dalam drama ini benar-benar totalitas. Penonton masih dibuat bingung dan menduga-duga sampai 20an episode. Dan itu lumayan bikin seru.

     LOVELY & HORRIBLE     

Untuk keseluruhan cerita, konsep drama ini sebenarnya unik, dan untuk beberapa episode awal semuanya masih terkesan wajar dan menarik. Yah, lovely lucu lucu gitu deh. Tetapi ada beberapa hal yang membuatku sering men-skip adegan-adegan yang menurutku horrible dan membosankan, yakni:

Saat Philip dan Eul Soon memutuskan untuk berpisah, walau mereka masih mencintai, hanya karena "semua ini agar kamu selamat", "semua ini untuk kebahagiaan kamu", "semua ini untuk melindungi kamu", "lebih baik aku menderita, daripada kamu menderita". Serius, deh, aku paling nggak suka dengan karakter atau cerita yang membuat seseorang melakukan sesuatu yang menyakitkan (baik itu menyakitkan untuk orang lain atau pun untuk dirinya sendiri) dengan alasan "untuk melindungimu", atau "semua ini karena aku mencintaimu". Kalau cinta, ya jalanin aja hidup berdua, kematian juga nggak bisa dihindari, kok, kalau emang salah satu dari lo bakal mati, seenggaknya matinya pas lagi bersama, elah. Terlebih lagi ada karakter lain yang tersakiti! Duh, rasanya kesel gitu sama adegan atau jalan cerita yang seperti itu. Kalau mau pisah, ya pisah, tapi di drama ini kesannya kayak malu malu mau. Kzl.

Yak, contoh di atas adalah respon cewek yang terbawa suasana ketika nonton drama. Walaupun menyebalkan, tapi rasanya tuh kalau nonton drama nggak pake komen agak gimana gitu, wkwkwk. Ini tandanya, drama ini berhasil menelisik perasaan kalian, hahaha --apasih, lupakan.

     KARAKTER     

Apakah kalian sudah tahu Song Ji Hyo dan Park Si Hoo sebelum menonton drama ini? 
Penggemar atau bahkan sekedar penonton Running Man tentu sudah cukup mengenal Ace Jihyo, cewek yang sering menunjukkan wajah bare face nya di acara tersebut dan terkesan easy going serta humble. Selama (berapa tahun yak, aku lupa) hampir 10 tahun Running Man tayang, sosok Jihyo yang ada di Running Man sudah melekat banget di mata penonton. Untukku pribadi, karakter Eul-Soon yang diperankannya dalam drama ini masih membuatku terbayang-bayang sosok Jihyo yang di Running Man, sehingga agak sulit untuk fokus melihat bahwa itu adalah Eul-Soon, yang ada bawaannya ketawa mulu, wkwk. Yaaaa... mungkin aku saja yang belum menjadi penonton yang profesional ye kan?

Nah, untuk karakter Philip yang diperankan Park Si Hoo, aku sudah pernah menonton dramanya yang berjudul Princess Prosecutor, dan Cheongdamdong Alice. Dan menurutku, Park Si Hoo memang cocok untuk genre romance-comedy. Mungkin plot-nya aja yang harus lebih di bikin kompleks. Mungkin doi kalau main drama tvN yang konfliknya progressnya bagus banget, dari awalnya lucu sampe konflik yang dalem banget, bisa.

Karakter lainnya adalah karakter yang diperankan Lee Gi Kwang, yakni Lee Sung Joong. Yah, disini aku ingin meng-highlight actingnya Gi-Kwang yang menurutku semakin kece, haha. Aku nggak nge-bias disini. Tapi karena sudah lama nggak lihat dia acting, jadi rasanya acting dia nggak buruk dalam drama ini, dan doi cucok banget jadi virus 2nd lead syndrome.

Overall Review

☆☆☆☆
3.5/5 stars buat drama ini, karena pas awal-awalnya bagus dan bikin penasaran, tapi ke belakang agak ngebosenin, ehe. Yah, review ini bersifat subjektif, kok. Jadi, kalau kamu udah nonton drama ini, kindly tell your version in the comment section. Thanks for reading!

Greenshe Review