Summer Lemongrass by Macchiato - Book Review

 

Summer Lemongrass by Macchiato
Photo by Lia

Halo teman-teman!
Buku yang akan review kali ini adalah novel Mandarin berjudul Summer Lemongrass yang ditulis oleh Macchiato, dan diterbitkan dalam versi Bahasa Indonesia oleh Penerbit Haru tahun 2018. Ini adalah pertama kali aku membaca karya Macchiato, dan menurutku buku ini cukup menarik untuk dibaca.

Tentang Wang Xiao Xia

Yes. Buku ini adalah tentang Wang Xiao Xia. Buku ini menceritakan Wang Xiao Xia, seorang siswi SMP yang sudah lama menyukai ketua kelasnya, Chen Yi. Bahkan ia sudah menyatakan perasaannya, tetapi ia tak menerima jawaban apa-apa dari Chen Yi. Walaupun mereka melanjutkan pendidikan di SMA yang berbeda, kisah cinta bertepuk sebelah tangan Wang Xiao Xia ternyata tidak berhenti sampai disitu. Sosok Chen Yi selalu menghantui bahkan kehidupan SMA-nya, sampai suatu hari mereka bertemu kembali di reuni sekolahnya.

Cinta Bertepuk Sebelah Tangan Apanya?!

Tenang. Aku tidak marah, haha.

Sebelum membaca sebuah buku, aku selalu menaruh ekspektasi dan tebakan-tebakan mengenai plot bagaimana yang akan disuguhi penulis dengan sinopsis tersebut. Dan sebelum membaca buku ini, aku sudah yakin ini akan menjadi cerita romansa seperti di drama-drama Mandarin. Kalian tahu drama A Love So Beautiful? Dibayanganku, buku ini akan seperti drama tersebut.

Setelah membaca buku ini, aku cukup terhibur dengan kebodohan lucu Wang Xiao Xia. Meskipun, aku juga merasa cerita romansanya terlalu ringan, sehingga aku merasa nggak begitu greget dan tertantang dengan konfliknya. Trope dalam buku ini juga mirip-mirip drama True Beauty gitu, hanya saja lebih tidak kompleks dan tidak berkaitan dengan kecantikan.

Tapi, dari hal-hal 'biasa' yang penulis suguhkan di buku ini, endingnya berhasil memutar balikkan perasaanku dan bisa bikin aku ngakak. Padahal Xiao Xia yang bikin onar, tapi aku yang ngerasa malu banget, haha.

Sudut Pandang 'Aku'

Penulis menggunakan sudut pandang orang pertama. Dan seharusnya sudah sewajarnya pembaca bisa merasa relate dengan karakter 'aku' disini. Namun sayangnya, Wang Xiao Xia memiliki karakter yang terlalu agresif, jadi membuatku kurang bisa relate dengan beberapa keputusan yang diambilnya selama berlangsungnya cerita.

Penggunaan sudut pandang 'aku' disini juga membuat karakter lainnya ngga semuanya terdevelop dengan baik. Wang Xiao Xia yang terkesan agresif banget membuat Chen Yi, si pemeran utama laki-lak juga kesannya terlalu pasif. Yea i know that this is a story of Xiao Xia, but it's lacking of something. Mungkin, kalau cerita ini dikembangkan menjadi sebuah drama, cerita ini akan lebih mantap karena kurasa karakter-karakternya akan sangat terlihat di drama. Duh, aku ingin sekali melihat karakter You Zi!

Di akhir, buku ini mencoba untuk memberikan plot twist yang sudah bisa aku tebak di pertengahan jalan. Walau tidak mengejutkan, tapi plot twistnya tetap menghibur. Tetap saja bikin ngakak.

Overall Review

☆☆☆
3 bintang.

Overall, buku ini menghibur. Hanya saja, konflik ringannya membuatku kurang greget, jadi aku kasih bintang 3. Tapi, kalau kalian suka dengan buku romansa dengan konflik yang ringan, mungkin ini bisa dicoba. Apalagi kalau kalian suka dengan drama-drama romansa sekolah Mandarin.

Greenshe Review